Final Piala Dunia Pemenangnya Nike

Your browser doesn’t support HTML5 audio
Jakarta, era.id - Sepak bola bukan cuma urusan mencetak gol. Perang sponsor juga jadi pertaruhannya. Untuk Piala Dunia 2018 ini, Adidas harus mengakui keunggulan Nike.

Ini bukan soal jumlah negara yang menggunakan produk mereka. Tapi pertarungan negara yang bakal berlaga di final Piala Dunia nanti, Prancis vs Kroasia. Dan kesemuanya menggunakan produk Nike.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, pabrikan olahraga asal Amerika itu akan menyediakan perlengkapan untuk dua tim finalis Piala Dunia. Imbasnya, menjadi kemenangan signifikan bagi Nike. Apalagi saingannya, Adidas, merupakan mitra lama dan terkemuka FIFA dan Piala Dunia.

"Kami sudah memiliki tiga dari empat tim yang masuk semifinal dan kemudian dua tim kami mencapai putaran final, yang merupakan pertama kalinya bagi Nike," kata Presiden Nike bidang konsumen dan pasar, Elliot Hill seperti dilansir Antara mengutip pemberitaan Reuters, Jumat (13/7/2018).

"Kami sudah bermain sepak bola selama lebih dari 20 tahun, dan ini adalah pertama kalinya kami mendapatkan final semuanya Nike dengan kedua tim memakai produk Nike," lanjut Elliot.

Foto: Twitter FIFA

Adidas mensponsori 12 dari 32 tim di putaran final Piala Dunia Rusia dibandingkan dengan Nike yang hanya mensponsori 10 tim. Salah satu kliennya yang paling diunggulkan, Jerman tersingkir di awal babak penyisihan grup. Sementara delapan tim lainnya melaju ke babak 16 besar.

"Selain kit, kami telah sukses besar dengan para pemain kami," kata Hill.

"Kami memiliki lebih dari 65 persen atlet yang memakai sepatu bola Nike. Itu lebih dari gabungan semua merek lainnya. Jadi ini adalah Piala Dunia yang sangat sukses bagi kami, di dalam dan di luar lapangan." 

Dari produsen lain, Puma menyediakan kit untuk empat tim, New Balance untuk dua dan Errea, Hummel, Uhlsport dan Umbro masing-masing satu tim -- yang terakhir adalah kostum khas Peru dengan garis diagonal merah.

Tag: piala dunia rusia