Ternyata Begini Spesifikasi Stadion Sepak Bola Standar FIFA

ERA.id - Membangun stadion sepak bola standar FIFA tidaklah mudah dilakukan. Terdapat beberapa syarat dan spesifikasi yang harus dipenuhi.

Menariknya, dalam laman resminya FIFA telah memberikan beberapa pedoman agar menjadi pertimbangan bagi siapa saja yang hendak membangun stadion dengan standar mereka.

Jakarta International Stadium (JIS) yang disebut standar FIFA (Antara)

FIFA menjelaskan jika perkembangan stadion harus selaras dengan realitas lokal, dan mereka telah berhati-hati untuk membuat daftar secara lebih rinci.

Stadion Sepakbola Standar FIFA yang Disetujui

Penyedia jasa artifisial rumput berlisensi FIFA, HATKO, melalui laman resminya menjelaskan beberapa spesifikasi stadion sepak bola yang disetujui FIFA. Hatko menjelaskan jika sebuah stadion FIFA harus dilengkapi dengan bahan berkualitas tinggi agar penonton dapat menikmati pertandingan dengan kualitas yang baik.

Pertama-tama, area di luar stadion harus diamankan yang berarti bahwa akses ke stadion harus mudah. Selain itu, juga harus ada jaringan transportasi khusus yang disediakan untuk menuju stadion.

Selanjutnya, standar lapangan sepak bola yang disetujui FIFA adalah perlu untuk membangun stadion dengan kapasitas pertandingan profesional.

Pertandingan sepak bola FIFA hanya dapat dimainkan di stadion yang memenuhi persyaratan struktural dan teknis. Selain itu, juga terdapat langkah-langkah keamanan yang diperlukan yang harus ditentukan sesuai dengan kapasitas stadion.

Ketiga, sebagai syarat stadion standar FIFA adalah dilarang keras membawa spanduk rasis dan agresif ke dalam stadion. Tidak hanya itu, dilarang juga membawa bahan berbahaya seperti senjata api atau laser ke dalam stadion. Langkah-langkah keamanan tersebut juga harus diambil pengelola stadion dan penonton harus diberitahu.

Keempat adalah hal terpenting yang harus dilakukan pengelola adalah adanya rambu-rambu penunjuk arah untuk memastikan bahwa orang yang datang ke stadion dapat dengan mudah menemukan area yang mereka cari. Sebagai contoh adanya tanda yang menunjukkan titik masuk dan keluar stadion.

Tidak hanya empat hal umum yang telah dibahas, tentu saja menjadi stadion yang disetujui FIFA tidaklah mudah. Untuk ini, interior stadion juga harus mematuhi beberapa aturan.

Rekomendasi dan Persyaratan Teknis Stadion Sepak Bola FIFA

Apabila ingin memiliki stadion yang disetujui sesuai dengan standar FIFA, maka harus mengikuti beberapa rekomendasi dan persyaratan teknis berikut ini.

  1. Area di sekitar stadion harus dibatas, Misalnya tembok atau pagar harus dipasang di sekitar stadion. Ketinggian pagar ini setidaknya harus 2,5 meter, sehingga dapat mencegah orang masuk, melompat dan memanjat dinding ini.
  2. Pintu masuk dan keluar stadion harus dirancang untuk memungkinkan orang bergerak dengan mudah.
  3. Pintu masuk dan pintu keluar stadion harus dibuka dan ditutup dengan mudah.
  4. Pintu harus tahan terhadap tekanan kelompok yang ramai.
  5. Pintu harus memiliki kunci tahan api.
  6. Orang yang masuk harus digeledah di semua titik masuk dan benda asing harus dicegah memasuki stadion.
  7. Pintu putar dan titik kontrol harus tahan terhadap tekanan dari orang.
  8. Dalam keadaan darurat, harus ada beberapa gerbang khusus yang harus ada di dalam stadion.
  9. Harus ada pintu keluar darurat alternatif untuk penonton.
  10. Pintu keluar darurat harus cukup besar dan harus ada staf permanen di awal pintu. Pintu-pintu ini harus cukup lebar. Pintu keluar ini harus memiliki warna yang berbeda dari pintu lainnya sehingga orang dapat dengan mudah membedakannya dalam keadaan darurat.

Selain stadion sepakbola standar FIFA, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman