Apa Itu Jalur Prestasi Perguruan Tinggi dan Contohnya

ERA.id - Ada beberapa jalan yang bisa ditempuh untuk bisa masuk ke perguruan tinggi atau kuliah, salah satunya jalur prestasi. Apa itu jalur prestasi kuliah?

Ini merupakan seleksi masuk perguruan tinggi yang prosesnya dilakukan tanpa tes tertulis. Seleksi fokus kepada prestasi dan pencapaian calon mahasiswa semasa sekolah di bangku SMA/sederajat, baik akademik maupun non-akademik.

Sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia menggunakan sistem seleksi ini untuk memutuskan apakah calon mahasiswa bisa masuk dan mendapatkan pendidikan di kampusnya atau tidak. Mekanisme ini tak hanya digunakan oleh perguruan tinggi negeri, tetapi juga swasta.

Namun, kali ini kita akan melihat beberapa kampus negeri yang menyelenggarakan jalur prestasi untuk menyeleksi calon mahasiswanya. Kita juga akan melihat syarat yang harus dipenuhi oleh para calon mahasiswa, dikutip Era dari kompas.

Jalur Prestasi di UNY, Undip, dan UB

1. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Rektorat UNY (uny.ac.id)

Salah satu perguruan tinggi negeri yang terkenal di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini membuka jalur prestasi beberapa waktu lalu. Jalur prestasi yang ditawarkan ada empat. Calon mahasiswa program sarjana/S-1 bisa memilih salah satu jalur yang bisa dipilih.

- Prestasi Akademik

Seleksi jalur Prestasi Akademi menggunakan nilai rapor dan prestasi akademik kepada para lulusan SMA/MA/SMK tahun 2022, 2021, dan 2020. Seleksi ini telah digelar. Jadwal pelaksanannya adalah 14 Februari–5 Juli 2022, sedangkan pengumumannya dilakukan pada 13 Juli 2022.

- Prestasi unggul

Ini adalah jalur seleksi yang menggunakan prestasi akademik dan non-akademik bidang seni, olahraga, LKS, olimpiade, hafiz Al-Qur'an, dan penghafal kitab suci lain bagi para lulusan SMA/MA/SMK tahun 2022, 2021, dan 2020. Jadwal pendaftaran seleksi ini telah dibuka pada 14 Februari–5 Juli 2022, sedangkan pengumumannya telah diberikan pada 13 Juli 2022

- Talent Scouting

Sedikit berbeda, seleksi ini menggunakan prestasi non-akademik, yaitu juara I, II, dan III minimal tingkat kabupaten/kota di bidang olahraga, penalaran, MTQ, seni, dan minat khusus bagi para lulusan SMA/MA/SMK tahun 2022, 2021, dan 2020. Seleksi ini pendaftarannya adalah tanggal 14 Februari–26 Juni 2022, sedangkan pengumumannya dilakukan pada 2 Juli 2022.

- Prestasi Olahraga Unggul

Terakhir, jalur Prestasi Olahraga Unggul. Ini adalah seleksi yang menggunakan prestasi khusus cabang olahraga tingkat nasional dan/atau internasional dan tes keterampilan.

2. Universitas Diponegoro (Undip)

Nama jalur prestasi Undip tahun 2022 memiliki nama PSSB (Penerimaan Seleksi Siswa Berpotensi). Seleksi ini dilakukan untuk menjaring calon mahasiswa Program Sarjana Terapan Sekolah Vokasi dan Program D-3 Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Undip.

Berbeda dengan UNY, calon mahasiwa yang bisa mengikuti jalur prestasi di Undip ini hanya dua angkatan siswa, yaitu siswa lulusan tahun 2022 dan 2021. Tahun ini, jadwal pendaftaran dan pengiriman berkas PSSB adalah tanggal 8 Februari–6 Mei 2022, sedangkan pengumumannya dilakukan pada 25 Mei 2022.

3. Universitas Brawijaya (UB) 

Seleksi jalur prestasi UB menggunakan nilai rapor dan sertifikat tiga prestasi terbaik di bidang akademik, seni, keagamaan, dan olahraga. Ada tiga pilihan jenjang yang bisa dipilih oleh para calon mahasiswa, yaitu Program Sarjana/S-1, Program Sarjana Terapan/D-4, dan Program D-3. Jurusan yang bisa dipilih adalah dua Prodi Saintek atau dua Prodi Soshum

Universitas Brawijaya (ub.ac.id)

Syarat umum seleksi jalur prestasi UB adalah siswa dari kelas/jurusan IPA bisa memilih satu Prodi Saintek dan satu Prodi Soshum (Campuran) atau keduanya Saintek atau keduanya Soshum. Sementara, siswa kelas/jurusan IPS hanya bisa mendaftar di Prodi Soshum. Pendaftaran seleksi ini dibuka pada 15 Maret–29 April 2022, sedangkan pengumumannya tanggal 14 Juni 2022.

Itulah beberapa penjelasan dan informasi mengenai apa itu jalur prestasi masuk perguruan tinggi. Saat ini pendaftarannya memang telah usai, tetapi informasi tersebut bisa menjadi acuan untuk menyiapkan diri pada tahun mendatang.