PKS Tersandera Kegalauan Prabowo

Jakarta, era.id - Bakal calon presiden yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto belum menentukan calon wakil presidennya. Pada Pemilu 2019 nanti, Prabowo didukung Partai Gerindra, PKS dan PAN.

Politikus PKS Mahfudz Siddiq menyatakan hal tersebut membuat PKS merasa tersandra. Apalagi, PKS sempat menyodorkan 9 nama pilihannya sebagai cawapres kepada Gerindra dan belum ada keputusan apapun dari Prabowo menjelang pendaftaran pada 10 Agustus mendatang.

"Kalau PKS hanya menunggu, PKs sama saja seperti orang yang tersandra. Kalau disampaikan last minute pada 10 agustus, pks terkunci. Enggak punya pilihan lain. Ya sudah pasrah seperti yang terjadi di dki, di Pemilu 2014," kata Mahfudz dalam diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (18/7/2018).

Namun, jika Prabowo telah memilih cawapresnya, misalnya 3 hari sebelum masa pendaftaran, menurut Mahfudz PKS masih memiliki ruang untuk mengambil keputusan lain.

"Tidak ada salahnya PKS membuka komunikasi dengan beberapa pihak paling tidak untuk mengetahui situasi dinamika dan pikiran yang berkembang, dan dinamika partai," ujarnya.

Kata Mahfudz, jika Prabowo melakukan pertemuan politik dengan beberapa pimpinan partai, maka tidak ada salahnya PKS juga membuka jalan untuk berdialog dengan partai lain di luar koalisi ini.

"Saya pikir PKS bisa membuka pertemuan dengan partai lain. Targetnya dengan partai-partai papan tengah yang juga terbuka," kata dia.

Tag: prabowo subianto