Kemarin Ancam Razia Motor Gede, Kini Kasatlantas Polrestabes Makassar Minta Maaf, Ngaku Lalai

ERA.id - Sempat ingin merazia motor gede (moge) yang tidak mendaftarkan kendaraannya di Samsat Sulsel, belakangan Kasatlantas Polrestabes Makassar AKBP Zulanda minta maaf.

Video permintaan maafnya viral di media sosial. Zulanda memang kemarin menuding banyak moge tidak berizin dan anehnyabisa mengaspal di jalan raya.

Hal itu disampaikan dalam konferensi pers di halaman Mapolrestabes Makassar, Minggu malam (18/9/2022) lalu.

"Saya akan menertibkan moge jika tidak melengkapi surat kendaraan bermotor. Saya memberikan waktu kepada seluruh pemilik kendaraan besar atau moge 7x24 jam wajib mendaftarkan dirinya, apabila kendaraan tersebut belum terdaftar ke Samsat," kata Zulanda.

Sehari setelah mengancam, Zulanda langsung minta maaf. Dia bilang, dirinya lalai karena tidak mengecek lebih dulu, data soal moge yang berizin di Sulsel.

"Karena ketidaktahuan kami dan kelalaian kami yang mana pada saat itu seharusnya kami melaksanakan kroscek terlebih dahulu ke Ditlantas atau pun ke Samsat, apakah kendaraan moge yang ada hari ini sudah teregistrasi atau belum," ucapnya.

Ia juga beralasan bahwa tidak mengetahui sudab ada update perkembangan terkait aplikasi pendaftaran kendaraan bermotor via ERI atau Electronic Regident Identification.

Sistem yang meregistrasi kendaraan seluruh Indonesia, sehingga tidak ada lagi kendaraan termasuk moge yang tidak terdaftar di Samsat.

"Oleh karena itu kami memohon maaf yang sebesar-besarnya atas kelalaian kami karena kami tidak melakukan konfirmasi terus kami tidak melakukan kroscek terlebih dahulu. Sehingga kami berpikir dengan pola yang lama sedangkan saat saat ini dalam beberapa tahun ini telah mengalami perubahan-perubahan," tutup Zulanda.