Begini Cara Kemenparekraf Dorong Pemulihan Pariwisata untuk Meningkatkan Perekonomian

ERA.id - Pandemi covid-19 selama dua tahun terakhir telah berdampak luas terhadap sektor ekonomi masyarakat, khususnya pariwisata. Kini, berbagai sektor pariwisata mulai bangkit karena gelora masyarakat untuk berwisata makin meningkat.

Beberapa sektor pariwisata melakukan berbagai upaya untuk memberikan dampak peningkatan kedatangan wisatawan. Peningkatan kunjungan memang sangat penting sekarang ini. Harus bisa memastikan momen kebangkitan pariwisata yang diikuti pembangunan pariwisata berkelanjutan.

Frans Teguh, Pelaksana Tugas (PLT) Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membeberkan cara kemenparekraf dorong pemulihan pariwisata untuk meningkatkan perekonomian.

Acara virtual Bobobox (Foto: Dok. Bobobox)

"Dalam konteks pariwisata, tidak dapat dipungkiri angka kunjungan wisatawan memang penting, tetapi saat ini pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)," ujar Frans Teguh melalui acara virtual Bobobox pada Rabu (28/9/2022).

Frans mengatakan Kemenparekraf mendorong pariwisata yang mempertimbangkan keadaan sosial ekonomi saat ini dan masa depan serta dampaknya terhadap lingkungan. Namun, di saat yang sama tetap memenuhi kebutuhan turis, industri, dan komunitas atau yang biasa disebut sebagai pariwisata berkelanjutan.

"Melalui berbagai program yang digalakkan pemerintah serta sinergi dengan berbagai pihak, kami optimis pariwisata berkelanjutan akan semakin berkembang di Indonesia," kata Frans.