Anies soal Pasukan Oranye Jarang Terlihat: Mereka Tidak Dijadikan Alat Pencitraan Seperti Dulu

ERA.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan angkat bicara soal petugas PPSU atau pasukan oranye yang dikabarkan jarang terlihat di ibu kota. Anies mengatakan yang terpenting adalah Jakarta bersih atau tidak.

"Bukan terlihat atau tidak. Anda harusnya bilang gini, Pak Anies Jakartanya kotor atau bersih?'" kata Anies kepada wartawan usai menghadiri Milad Syarikat Islam ke-77 di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Minggu (9/10/2022).

Mantan Mendikbud ini menambahkan pasukan oranye bekerja sesuai waktu dan tempat yang dibutuhkan. Dia menegaskan pasukan oranye bukanlah mesin pencitraan.

"Kalau terlihat atau tidak itu kan keterpandangan, ini bukan mesin pencitraan, ini mesin yang bekerja membersihkan. Mereka bekerja di tempat-tempat, di waktu-waktu yang sesuai dengan kebutuhan," ucapnya.

Lebih lanjut, Anies mengatakan tugas dan fungsi petugas PPSU sebelum dirinya menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta memang kerap digunakan sebagai ajang pencitraan.

Di masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies mengatakan pasukan oranye digunakan sesuai tugas dan fungsinya, yakni membuat Jakarta menjadi bersih dan nyaman.

"Jadi kalau kebetulan tidak terlihat yang penting kerjanya bagus, karena memang mereka tidak dijadikan sebagai etalase pencitraan. Dulu pernah begitu, dipasang di jam-jam yang kelihatan, kalau kami tidak. Kami bekerja supaya Jakarta bersih, Jakartanya nyaman. (Pasukan oranye) bukan sebagai alat untuk pencitraan ya," tutup Anies.