Pemeran Hagrid di Film Harry Potter Meninggal Dunia

ERA.id - Aktor Robbie Coltrane yang memerankan Hagrid dalam waralaba Harry Potter dinyatakan meninggal dunia pada Jumat (14/10) kemarin di usia 72 tahun. 

Hal ini disampaikan agennya, Belinda Wright. "Klien dan teman saya, Robbie Coltrane OBE meninggal pada Jumat, 14 Oktober," ucapnya seperti dikutip dari Channel News Asia.

Daniel Radcliff, pemeran utama Harry Potter ikut kehilangan lawan mainnya itu. "Robbie salah satu orang paling lucu yang saya kenal, dan selalu membuat anak-anak tertawa di lokasi syuting," ucapnya. "Saya sangat sedih dia meninggal."

Coltrane lahir dengan nama Anthony Robert McMillan pada 30 Maret 1950 di Rutherglen. Coltrane memenangkan banyak penghargaan untuk perannya sebagai psikolog kriminal alkoholik, Dr. Eddie "Fitz" Fitzgerald dalam serial ITV Cracker (1993-2006).

Di layar lebar, Coltrane berperan dalam drama kriminal Mona Lisa (1987) dan film komedi Nuns On The Run (1990). Namun, Coltrane akan dikenang secara luas sebagai Rubeus Hagrid, setengah raksasa setengah manusia yang baik hati dalam waralaba film dari buku terlaris Harry Potter karya JK Rowling.

Produser Michael G Wilson dan Barbara Broccoli, memberikan penghormatan kepada Coltrane sebagai "aktor luar biasa yang bakatnya tidak mengenal batas" di akun Twitter resmi James Bond. "Kami akan merindukannya sebagai teman baik. Beristirahatlah dengan tenang Robbi," tulis mereka.