AHY Masuk Bursa Cawapres Anies, Surya Paloh: Kalau Baik Pasti Saya Restui

ERA.id - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengakui bahwa Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) masuk dalam bursa calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Anies Baswedan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal itu disampaikan Surya usai bertemu dengan AHY di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (26/10/2022). "Sedang kita nominasikan," kata Surya.

Namun, pembicaraan soal cawapres belum diputuskan oleh NasDem, Demokrat, dan PKS. Kata Surya, ketiga partai masih mencari tanda-tanda yang pas dalam mencari cawapres, termasuk mempertimbangkan AHY.

"Kita utak-atik, kita lihat lagi, kita lihat tanda-tanda, bahasa dari berbagai aspek yang memungkinkan, hingga pasangan Pak Anies seperti yang diharapkan beliau sebagai capres," katanya.

Terkait apakah AHY sesuai dengan kriteria sebagai cawapres, Surya menyerahkan sepenuhnya kepada Anies. Namun, dia akan merestui apapun yang dinilai terbaik.

"Sudah saya serahkan kepada Pak Anies. Kalau saya orang tua ini, kalau yang baik-baik pasti saya restui," katanya.

Diberitakan sebelumnya, tim kecil NasDem, Demokrat, dan PKS menggelar pertemuan untuk membicarakan kriteria dan mencari tokoh cawapres untuk Anies Baswedan yang sudah lebih dulu dideklarasikan sebagai capres.

Pertemuan berlangsung di kediaman Anies di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (25/10). Diskusi berjalan dinamis, namun cukup alot. Sebabnya, masing-masing partai memiliki pendapat berbeda soal cawapres.

NasDem menginginkan Anies yang menunjuk calon wakil presiden. Demokrat mengusulkan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono. Sementara PKS mengusulkan mantan gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

"NasDem menyerahkan pada Capres dan PKS mengusulkan Ahmad Heriawan dan PD menawarkan AHY," kata Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya.