Cocok Diterapkan di Dapur, Tips Decluttering yang Mudah dan Cocok Bagi Pemula

ERA.id - Semenjak adanya pandemi, tren kegiatan decluttering semakin marak dan digemari oleh masyarakat beberapa tahun belakangan ini. Decluttering merupakan kegiatan menyorting barang-barang yang dimiliki sesuai dengan fungsinya supaya membuat rumah jadi lebih nyaman.

Ketika pandemi dimana masyarakat diharuskan untuk memusatkan aktivitas dari rumah, kebanyakan orang menyadari kondisi rumah yang kurang rapi dan penuh. Sehingga, decluttering bisa menjadi solusi untuk dilakukan. 

Melihat potensi dan peluang yang diciptakan oleh tren ini, Ivanno Viva pendiri Cabin Neat memberikan tips bagi para pemula untuk melakukan decluttering.

Selain mempersiapkan peralatan pendukung dan kotak penyimpanan, untuk menjalankan kegiatan ini dengan lancar juga dibutuhkan persiapan diri dan mindset yang tepat.

"Hal utama yang harus disiapkan pertama kali adalah diri sendiri dan mental. Membuang dan merapikan barang bisa menjadi kegiatan yang sentimental dan sulit untuk dilakukan bagi sebagian orang. Maka untuk mempersiapkan mindset yang tepat, pertama coba untuk membayangkan atau mencari contoh gambar bagaimana hasil akhir dari dapur yang sudah rapi dan bersih," ujar Ivanno Viva melalui acara virtual  Shopee 11.11 Big Sale pada Selasa (1/11/2022).

Acara virtual Shopee (Foto: Dok.Shopee)

"Pasti memasak jadi lebih mudah dan menyenangkan, kan? Nah ini dapat menjadi sumber motivasi untuk memulai decluttering. Dan ketika ada barang-barang yang sudah kita lupakan tapi ternyata kembali ditemukan, artinya barang itu sudah harus disumbangkan agar berguna bagi orang lain. Ini lah mindset yang harus dimiliki ketika memulai decluttering," lanjutnya.

Yulia Anggraeni, Owner of VOC Store mengatakan bahwa seseorang sebaiknya memiliki rak penyimpanan, lemari kecil, hingga kotak-kotak terbuat dari kayu jati. Ranny merasa penggunaan bahan kayu karena akan lebih kuat dan tahan lama.

Selain itu, bahan kayu jati memberikan kesan alami dan elegan untuk hasil produk. Bahan dasar kayu juga lebih ramah lingkungan dan lebih mudah untuk didapatkan. Dari segi design, furniture kayu pun lebih fleksibel dan memiliki banyak tingkat tekstur warna dan pola yang memberikan sentuhan estetik. 

Dan dari harga, furniture berbahan kayu jauh lebih murah dan bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki masing-masing orang.

"Perjalanan bisnis kami memang tidak mulus tapi inilah yang menjadi dorongan dan motivasi untuk semakin sukses, terlebih dengan bantuan fitur dan promo dari Shopee." ungkap Yulia.