Butuh Persiapan Lebih Matang, Konser Dewa 19 di JIS Ditunda

ERA.id - Konser Pesta Rakyat Dewa 19 di Jakarta International Stadium pada 12 November 2022 resmi ditunda. Dalam keterangan resmi, konser perayaan 30 tahun Dewa 19 itu digeser menjadi 4 Februari 2023.

"Sebagai pihak penyelenggara, kami dari JAK Pro dan Restography memutuskan untuk menunda konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19," kata Direktur Utama Jak Pro, Widi Amanasto pada keterangan resmi.

"Secara internal kami telah sepakat bahwa acara akan kami tunda ke tahun depan pada Sabtu, 4 Februari 2023 di lokasi yang sama di Jakarta International Stadium," tambahnya.

Pada keterangan tersebut, Widi menjelaskan keputusan penundaan konser Dewa 19 ini seiring dengan deretan tragedi di ajang keramaian yang memakan banyak korban. Seperti diketahui, belakangan acara yang melibatkan keramaian berakhir petaka, seperti tragedi Kanjuruhan, keriuhan Berdendang Bergoyang Festival, hingga tragedi Halloween di Itaewon, Korea Selatan.

Dengan melihat banyaknya tragedi terjadi melibatkan keramaian orang tersebut, pihak penyelenggara pun ingin lebih matang mempersiapkan konser Dewa 19. Perwakilan Dewa 19, Ahmad Dhani merespons positif penundaan konser mereka demi keamanan.

"Kami cukup aware dan prihatin dengan kejadian yang telah terjadi mengenai events dan keramaian yang telah terjadi sebelumnya. Sebagai pihak penyelenggara kami perlu mengkaji dan mempersiapkan acara lebih matang lagi secara teknis pelaksanaan," tutur Widi Amanasto.

"Penundaan acara ini menjadi hal yang positif bagi kami agar dapat mempersiapkan konsernya nanti jauh lebih matang dan sempurna demi kenyamanan dan keselamatan yang melibatkan ribuan penonton," kata Ahmad Dhani.

Ahmad Dhani juga  menuturkan bahwa penundaan ini agar panitia memiliki rencana matang mengatur sekitar 70.000 penggemar Dewa 19 yang akan datang ke konser, yang nanti harus disampaikan ke pihak Polres dan Polda Metro. Sebelumnya, konser Dewa 19 ini sudah berhasil menjual 63.000 tiket dalam waktu 15 menit.

"Saya yakin ini hanya miskomunikasi saja, tidak ada hal berbau politik. Saya yakin panitia bisa menghandle 70.000 Baladewa Baladwi dengan baik. Dan saya yakin Polda Metro dan jajarannya juga sangat profesional soal urusan menjaga keamanan," lanjut Ahmad Dhani.

Sementara itu, tiket konser yang sudah dibeli untuk tanggal 12 November 2022 ini masih tetap berlaku untuk konser 4 Februari 2023 mendatang. Pilihan untuk refund tiket jika penonton tidak bisa menghadiri konser dengan jadwal baru juga disediakan di Tiket.com. Proses refund mulai dibuka pada Senin, 7 November 2022.