Penonton Konser Dewa 19 Kecewa hingga Trauma dengan JIS, Akses Sulit dan Terpaksa Nebeng Mobil Damkar

ERA.id - Sejumlah penonton konser Dewa 19 meluapkan kekecewaan mereka di media sosial, Sabtu (4/2/2023). Mereka mengaku kecewa hingga trauma dengan lokasi konser Dewa 19 yaitu Jakarta Internasional Stadium (JIS).

Luapan kekecewaan penonton ini berawal dari cuitan akun @adriansyahyasin di Twitter. Dalam cuitannya, Adri menyebut JIS tidak layak dijadikan tempat untuk konser maupun acara besar.

"JIS ini gausah bikin event gede dulu deh sebelum ada akses transportasi umum yang bagus. Gila aksesnya," cuit @adriansyahyasin.

Lalu, kata Adri, lokasi konser Dewa 19 ini tidak didukung dengan akses yang memadai. Sehingga banyak sekali penonton yang kesulitan pulang hingga memakan waktu berjam-jam.

Adri juga membagikan potongan video yang menampilkan ribuan orang sedang berjalan menuju tempat parkir atau shuttle bus. Menurutnya kondisi jalan saat itu sangat kacau dan padat serta minimnya informasi tentang keberadaan mobil jemputan.

"Dan dengan desain Indonesia, semua 75.000 orang itu ditumpahkan ke SATU TITIK KELUAR. Keluar dari stadion langsung disambut jalan tak bertrotoar, akses bus shuttle yang gak jelas. Buat apa stadion bagus tapi infra pendukungnya gak ada sama sekali," paparnya.

Adri pun mengeluhkan perjalanan jauh yang harus ia tempuh demi sampai di lokasi parkir sangat memberatkan dirinya. Ia berpendapat seharusnya JIS tidak menyelenggarakan acara besar sebelum akses transportasi umum tersedia.

"Harusnya diseriusi dulu bangun akses transportasi umum yang layak untuk mengakomodasi ribuan orang yang akan datang untuk acara ke sini. Kemudian jaringan trotoar juga dibenahi. Wacana akan dibangun Stasiun KRL, Jalur LRT baru… Jangan sampai jadi omong kosong politik belaka," ujarnya.

Unggahan Adri ini pun langsung mendapat respons dari banyak penonton konser Dewa 19. Mereka mengakui bahwa JIS belum layak menjadi tempat acara besar karena berbagai masalah yang terjadi.

Bahkan seorang penonton terpaksa pulang dengan menumpang mobil pemadam kebakaran lantaran sudah lama menunggu bus yang tak kunjung datang. Selain itu, permasalahan konser Dewa 19 juga terjadi selama di dalam vanue konser mulai dari sound yang tidak terdengar jelas hingga nomor kursi yang double.

"Jujur emg sesusah itu akses pulang dari JIS, lontang lantung nunggu shuttle sampe jam 2, saking susahnya se random itu pulang nebeng mobil Damkar. Ini the real lifesaver bgt. Selain Tyo Nugros & Ari Lasso, mereka ini MOTM nya!! #respectDamkar," tulis @Fidella****.

"Kesel juga nonton konser Dewa di JIS, udah beli tiket, gak kebagian seat. Komplen ke panitia, banyak nomor kursi yang double print, katanya. Kocak dah ah!" ucap Alit Susanto.

"Total ada 32 lagu yang dibawakan  Dewa 19 pada konser malam ini, keren si ada 4 vokalis sama bbrp drummer lama Dewa. Cuma ternyata tiket silver itu ada di tier 3 tribun stadion (plg atas), suaranya asli ga jelas bgt. Kalo ada konser di JIS mending pilih festival deh, atau tier 1," ungkap @Aji****.

"Selama jalur transportasi belum diperbaiki, menurut gue JIS sama sekali belum layak untuk ngadain event dengan kapasitas sebanyak konser dewa tadi. dr jam 12 konser selesai, gue baru bgt dapet transport buat ke mobil. itu pun harus minta warga sekitar untuk jadi ‘ojek’ mendadak," timpal @cupik****.

Diketahui konser Dewa 19 di JIS ini mengusung Pesta Rakyat: 30 Tahun Berkarya Dewa 19. Konser tersebut dihadiri sejumlah bintang tamu dan lebih dari 60 ribu penonton.