Siapa Jerry Lawson, Sosok yang Pernah Satu Klub dengan Steve Jobs dan Steve Wozniak

ERA.id - Pada 1 Desember 2022, Google Doodle menampilkan Gerald "Jerry" Lawson. Lantas siapa Jerry Lawson? Mari simak selengkapnya melalui artikel ini.

Hari ini melalui Google Doodle kita diajak merayakan ulang tahun ke-82 Jerry Lawson dengan game interaktif yang bisa diakses dengan mudah.

Perlu diketahui, Lawson merupakan salah seorang "bapak game modern" yang memimpin tim yang mengembangkan sistem video game rumahan pertama dengan game cartridges yang dapat dipertukarkan.

Lawson menghadirkan video game yang dapat dipertukarkan ke rumah orang dengan penemuan Fairchild Channel F yang merupakan pendahulu sistem video game modern.

Siapa Jerry Lawson?

Quote Jerry Lawson (Twitter)

Dilansir dari biography.com, Lawson mempelopori permainan video rumahan pada tahun 1970-an dengan membantu menciptakan Fairchild Channel F, yang merupakan sistem video game rumahan pertama dengan permainan yang dapat dipertukarkan.

Berasal dari New York, Lawson adalah salah satu dari sedikit insinyur Afrika-Amerika yang bekerja di bidang komputasi pada awal era video game.

Kehidupan Awal dan Pendidikan

Lahir di New York City pada tanggal 1 Desember 1940, Gerald Anderson Lawson terkenal sebagai pelopor video game dan membantu mengembangkan sistem konsol video game rumahan berbasis kartrid pertama.

Ayah Lawson adalah buruh pelabuhan dan ibunya bekerja untuk New York City. Dia punya satu saudara laki-laki yang bernama Michael.

Terinspirasi karya George Washington Carver, Lawson mencoba-coba elektronik saat tumbuh dewasa. Ia memperbaiki televisi untuk menghasilkan sedikit uang sebelum mendaftar di Queens College, bagian dari Universitas Kota New York.

Ketertarikan Lawson pada komputasi membawanya pada tahun 1970-an ke Klub Komputer Homebrew Silicon Valley, di mana dia adalah satu-satunya anggota kulit hitam pada saat itu.

Saat bersama klub, Lawson berpapasan dengan Steve Jobs dan Steve Wozniak. (Dalam sebuah wawancara, dia menyebut Jobs sebagai "sparkplug" yang berpikiran bisnis dan tidak terkesan ketika dia mewawancarai Wozniak untuk sebuah pekerjaan.)

Pelopor Permainan Video Game

Pada pertengahan 1970-an, Lawson membantu menciptakan Fairchild Channel F, mesin hiburan rumahan yang diproduksi pada 1976 oleh Fairchild Semiconductor.

Pada waktu itu Lawson bekerja sebagai direktur teknik dan pemasaran. ( beberapa tahun sebelumnya, Mike Markkula, salah satu pendiri Apple Computers Inc., mengepalai pemasaran perusahaan tersebut.)

Meskipun mendasar menurut standar sekarang, karya Lawson memungkinkan orang memainkan berbagai permainan di rumah mereka dan membuka jalan bagi sistem seperti Atari 2600, Nintendo, Xbox dan Playstation.

Lawson adalah salah satu dari sedikit insinyur kulit hitam di industrinya yang kemudian mengatakan bahwa rekan kerja sering terkejut saat mengetahui bahwa dia adalah orang Afrika-Amerika.

"Dengan beberapa orang, ini menjadi masalah. Orang-orang melihat saya dengan sangat terkejut. Terutama jika mereka mendengar suara saya, karena mereka berpikir bahwa semua orang kulit hitam memiliki suara yang terdengar dengan cara tertentu, dan mereka mengetahuinya. Dan saya duduk di sana dan berkata, 'Oh ya? Maaf, saya tidak tahu.'" jelas Lawson dalam sebuah wawancara.

Lawson meninggal di Mountain View, California, pada 9 April 2011, karena komplikasi yang berkaitan dengan diabetesnya. Dia meninggalkan seorang istri, Catherine, dan dua anak.

Selain siapa Jerry Lawson, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman