Curi Anjing Lady Gaga, Pelaku Penembakan Dogwalker Dihukum 21 Tahun Penjara

ERA.id - Seorang pria yang menembak dogwalker dan mencuri dua anjing bulldog Prancis Lady Gaga dijatuhi hukuman 21 tahun penjara oleh pengadilan. Dia didakwa atas percobaan pembunuhan setelah menyebabkan cederah tubuh yang serius.

James Howard Jackson, satu dari tiga pria dan dua kaki tangan yang terlibat dalam perampokan dengan kekerasan tahun lalu tidak mengajukan keberatan atas satu tuduhan percobaan pembunuhan. Jackson diketahui menembak Ryan Fischer selama perampokan dua anjing bulldog milik Lady Gaga.

"Perjanjian pembelaan meminta pertanggungjawaban Tuan Jackson karena melakukan tindakan kekerasan yang berhati dingin dan memberikan keadilan bagi korban kami," kata Kantor Kejaksaan Distrik Los Angeles County, dikutip Sky News, Selasa (6/12/2022).

Selama persidangan, pihak berwenang mengatakan motif dari percobaan pembunuhan itu ialah harga jual dari bulldog Prancis milik Lady Gaga. Di mana harga untuk anjing-anjing itu bisa mencapai ribuan dolar.

"Koneksi Lady Gaga adalah sebuah kebetulan. Motifnya adalah nilai bulldog Prancis, jenis yang bisa mencapai ribuan dolar, dan detektif tidak percaya pencuri tahu anjing itu milik musisi," kata pihak berwenang.

Tersangka pencurian anjing Lady Gaga (Dok: Istimewa)

Awal tahun ini, Lafayette Shon Whaley, yang juga merupakan salah satu tersangka tidak mengajukan keberatan atas perampokan tingkat dua atas pencurian tersebut dan dijatuhi hukuman enam tahun penjara. Dia mengakui penyerangan sebelumnya untuk kasus ancaman kriminal 2016. Dua dakwaan lain terhadapnya, termasuk percobaan pembunuhan, dibatalkan sebagai hasil dari pembelaannya.

Permohonan Whaley datang delapan hari setelah salah satu terdakwa Jaylin Keyshawn White, tidak mengajukan keberatan atas perampokan tingkat dua dan mengakui bahwa terdakwa lain bersenjata selama serangan itu. White dijatuhi hukuman pada 3 Agustus hingga empat tahun di penjara negara bagian.

Sementara Jennifer McBride, wanita yang mengaku menemukan anjing-anjing itu didakwa dengan satu tuntutan masing-masing sebagai aksesori setelah fakta dan menerima properti curian. McBride diduga memiliki hubungan dengan Harold White, ayah dari Jaylin White.

"Harold White tidak memohon pada hari Senin untuk memiliki senjata api dengan keyakinan sebelumnya. Dia akan dijatuhi hukuman tahun depan," kata jaksa.

Diketahui sebelumnya lima orang telah ditangkap dalam insiden penembakan dogwalker Lady Gaga setelah berhasil mencuri dua bulldog Prancis milik sang musisi. Di antara mereka merupakan seorang wanita yang mengembalikan anjing-anjing itu dua malam setelah kejadian dengan harapan mendapat imbalan sebesar USD500 ribu (Rp7 miliar).

Menurut keterangan polisi, para tersangka diyakini tidak mengetahui hubungan Gaga dengan anjing-anjing itu. Tetapi tiga tersangka tercatat sebagai anggota geng yang mengetahui nilai dari harga jual anjing tersebut.