Heboh 10 TKI Asal Sumedang Disekap di Arab Saudi Selama 2 Bulan, Begini Respons Ridwan Kamil

ERA.id - Sejumlah Pekerja Migran Indonesia (PMI) Kabupaten Sumedang, Jawa Barat diduga menjadi korban penyekapan di Riyadh, Arab Saudi. Dugaan penyekapan itu dialami oleh 10 PMI yang telah terjadi sekitar dua bulan.

10 PMI Kabupaten Sumedang ini diberangkatan oleh salah perusahaan penyalur tenaga kerja secara ilegal menggunakan visa umrah.

Merespons kabar tersebut, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menerangkan, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan Kedutaan Besar RI untuk Arab Saudi telah memproses dan mencari solusi terkait penyekapan yang menimpa 10 PMI asal Sumedang itu.

"Kami dari Pemda (Pemprov Jawa Barat) tentu memaksimalkan upaya-upaya ekstra saja tapi tupoksi utamanya sedang dilaksanakan oleh perwakilan kita di sana," terang Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (12/12/2022).

Orang nomor satu di Jawa Barat ini berharap persoalan yang menimpa warga itu cepat selesai. Sehingga, PMI asal Sumedang yang diduga menjadi korban penyekapan ini bisa segera dipulangkan ke Tanah Air Indonesia.

"Kita doakan mudah-mudahan bisa selesai. Dan kalau bisa pulang, ya pulang dengan selamat," ucapnya.

Berdasarkan data yang dihimpun, Salah satu PMI Kabupaten Sumedang, EF mengungkapkan, keadaan di tempat penyekapan sudah darurat dan mendesak.

Ia berharap dapat segera keluar dari tempat tersebut dan kembali ke kediamannya di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

"Kondisinya mendesak banget, pasti aku kerahin semua PMI biar dobrak pintu belakang," ungkap EF.