Pengertian Mobil Hybrid: Sistem, Teknologi, dan Komponen Utama
ERA.id - Mobil hybrid adalah kendaraan yang ditenagai oleh mesin pembakaran internal dengan satu atau lebih motor listrik yang menggunakan energi yang disimpan dalam baterai.
Menariknya kendaraan listrik hibrida tidak dapat di colokan untuk mengisi baterai. Sebaliknya, baterai diisi melalui pengereman regeneratif oleh mesin pembakaran internal.
Sistem dan Teknologi Mobil Hybrid
Efek dari pengereman regeneratif berakibat jumlah bensin yang digunakan lebih sedikit karena mekanisme operasinya ganda. Mode pengoperasian dapat diubah dan digeser saat mengemudi, yang berarti mobil dapat beralih antara mesin bensin dan motor listrik. Terkadang, keduanya bisa digunakan untuk meningkatkan performa mobil.
Mobil hybrid hadir dengan paket baterai ganda, yang terdiri dari paket baterai konvensional 12 volt dan paket baterai tegangan tinggi. Biasanya, perlambatan pada mobil konvensional mengubah energi kinetik menjadi panas.
Perlu diketahui, kendaraan roda empat hybrid menggunakan pengereman regeneratif untuk mengubah energi kinetik yang hilang saat melambat menjadi tenaga listrik untuk mengisi ulang baterainya.
Sekarang setelah Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan mobil hybrid, sekarang saatnya untuk memahami cara kerjanya secara detail.
Dilansir dari laman U.S. Department of Energy, tenaga ekstra yang disediakan oleh motor listrik berpotensi memungkinkan mesin dengan kapasitas yang lebih kecil. Baterai tersebut juga dapat memberi daya pada beban tambahan dan mengurangi beban mesin saat berhenti.
Fitur-fitur pada mobil hybrid tersebut menghasilkan penghematan bahan bakar yang lebih baik tanpa mengorbankan performa.
Komponen Utama Mobil Hybrid
Baterai (tambahan)
Dalam kendaraan penggerak listrik, baterai tambahan bertegangan rendah menyediakan listrik untuk menghidupkan mobil sebelum baterai traksi diaktifkan. Selain itu, komponen ini juga memberi daya pada aksesori kendaraan.
Konverter DC/DC
Perangkat ini mengubah daya DC bertegangan lebih tinggi dari paket baterai traksi ke daya DC bertegangan lebih rendah–yang diperlukan untuk menjalankan aksesori kendaraan dan mengisi ulang baterai tambahan.
Generator listrik
Berfungsi menghasilkan listrik dari roda yang berputar saat pengereman, lalu mentransfer energi itu kembali ke paket baterai traksi. Beberapa kendaraan menggunakan generator motor untuk menjalankan fungsi penggerak dan regenerasi.
Motor traksi listrik
Menggunakan daya dari paket baterai traksi, motor ini menggerakkan roda kendaraan. Beberapa kendaraan menggunakan generator motor yang menjalankan fungsi penggerak dan regenerasi.
Sistem pembuangan
Sistem pembuangan menyalurkan gas buang dari mesin keluar melalui pipa knalpot. Katalis tiga arah dirancang untuk mengurangi emisi keluar mesin di dalam sistem pembuangan.
Pengisi bahan bakar
Nosel dari dispenser bahan bakar menempel pada wadah di kendaraan untuk mengisi tangki.
Tangki bahan bakar (bensin)
Tangki ini menyimpan bensin di atas kendaraan sampai dibutuhkan oleh mesin.
Mesin pembakaran internal (percikan api)
Dalam konfigurasi ini, bahan bakar disuntikkan ke intake manifold atau ruang bakar, di mana bahan bakar tersebut digabungkan dengan udara, dan campuran udara/bahan bakar dinyalakan oleh percikan api dari busi.
Pengontrol elektronik daya
Unit ini mengelola aliran energi listrik yang dialirkan oleh baterai traksi, mengendalikan kecepatan motor traksi listrik dan torsi yang dihasilkannya.
Sistem termal (pendinginan)
Sistem ini mempertahankan kisaran suhu pengoperasian engine, motor listrik, elektronik daya, dan komponen lainnya yang sesuai.
Paket baterai traksi
Menyimpan listrik untuk digunakan oleh motor traksi listrik.
Transmisi
Transmisi mentransfer tenaga mekanis dari mesin dan/atau motor traksi listrik untuk menggerakkan roda.
Selain mobil hybrid, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…