Gibran Hibahkan Delapan Kura-kura Miliknya untuk Kebun Binatang Solo: Kasihan, Kandang yang Sekarang Kekecilan

ERA.id -

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berencana menghibahkan delapan ekor kura-kura miliknya ke Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) yang bakal berganti nama menjadi Solo Safari. Keputusannya ini bertujuan agar memberikan tempat yang lebih leluasa bagi kura-kura miliknya.

"Saya punya banyak kura-kura peliharaan. Nanti yang delapan ekor saya kasih ke Solo Safari," katanya pada Kamis (22/12/2022).

Ia memberikan tak hanya induk kura-kura, namun juga anak kura-kura yang masih kecil. Namun ia meminta agar kura-kura ini bisa dirawat dengan baik.

"Sudah sejak lama saya pelihara kura-kura di rumah, di belakang. Sejak usia kura-kuranya masih kecil sampai sekarang," katanya.

Ia mengungkapkan bahwa telah membeli kura-kura tersebut sejak lama, saat ia masih kecil. Hewan-hewan koleksinya ini dibeli di beberapa kota, Bogor, Yogyakarta dan Jawa Timur.

"Jenis Sulcata. Kalau menetaskan telurnya harus pakai inkubator. Kalau menetas bisa puluhan sampai ratusan telur. Ada yang gagal dan ada yang berhasil menetas," katanya.

Rencananya menitipkan kura-kura ini ke Solo Safari bukan karena biaya perawatan dan makanannya. Namun Gibran ingin agar hewan tersebut bisa mendapatkan tempat yang lebih leluasa.

"Kasihan. Kandang yang sekarang kekecilan. Satu kura-kura jenis Sulcata ini kayak memelihara satu kambing," katanya.

Ia juga mengungkapkan putra sulungnya, Jan Ethes Sri Narendra juga sering bermain bersama kura-kura ini. "Sering di belakang rumah, main kura-kura," ucapnya.