Golkar Benarkan Isu Ridwan Kamil Berpeluang Maju di Pilgub DKI Jakarta

ERA.id - Partai Golkar membuka peluang mencalonkan Ridwan Kamil alias Emil maju sebagai calon gubernur di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, setelah resmi bergabung dengan partai berlambang pohon beringin.

Ketua DPD Jawa Barat Partai Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan, dengan potensi yang dimiliki Emil, sangat mungkin kembali dicalonkan sebagai calon gubernur Jawa Barat.

"Dengan potensi yang dimiliki Kang Emil, beliau tentu memiliki keberpeluangan untuk dicalonkan baik sebagai gubernur di Jawa Barat kembali," kata Ace, Kamis (19/1/2023).

Selain melihat potensi, Golkar juga memiliki syarat bagi tokoh yang hendak diusung sebagai kepala daerah. Salah satunya yaitu memiliki elektabilitas tinggi.

Menurutnya, apabila elektabilitas Emil di 2024 tinggi, sangat mungkin dicalonkan dan diusung sebagai calon guburnur Jawa Barat, bahkan DKI Jakarta.

"Jika nanti di tahun 2024 elektabilitas beliau tinggi, tentu kami tidak akan ragu mencalonkan beliau sebagai calon gubernur dari Partai Golkar untuk Provinsi Jawa Barat. Atau bahkan mungkin untuk Jakarta," ucapnya.

Meski begitu, keputusan mengenai pencalonan merupakan hak Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. DPD Partai Golkar hanya sebatas memberikan pertimbangan kepada ketua umum saja.

"Tentu nanti ada mekanismenya di internal Partai Golkar untuk menentukan siapa calon gubernurnya dengan memperhatikan aspek elektabilitas, likebilitas, dan tentu kinerja beliau sebagai gubernur Jabar," pungkasnya.