Program Beasiswa Kuliah 2023 yang Disediakan Beberapa Negara

ERA.id - Bagi Anda yang berminat untuk melanjutkan pendidikan untuk jenjang S1, S2, dan S3, ada beragam pilihan beasiswa ke luar negeri untuk tahun ajaran 2023 yang dapat dipilih. Beberapa negara menyediakan kesempatan program beasiswa kuliah 2023 untuk pelajar internasional sesuai dengan manfaat masing-masing.

Bagi Anda yang berniat untuk meneruskan pendidikan ke luar negeri, beragam peluang beasiswa ini bisa dijadikan sebagai pilihan.

Ilustrasi program beasiswa kuliah 2023 (Foto: Pixabay)

Di bawah ini adalah beberapa jenis beasiswa dari jenjang S1, S2, dan S3 yang bisa Anda ikuti hingga bulan Maret 2023, dirangkum dari akun Instagram Kursus Bahasa Inggris untuk Study Abroad @titiknolenglish:

Stipendium Hungaricum

Scholarship Pemerintah Hungaria menyediakan beasiswa dengan nama Stipendium Hungaricum Scholarship Programme untuk mahasiswa Internasional pada berbagai negara, termasuk Indonesia. Beasiswa ini disediakan untuk Anda yang ingin melanjutkan pendidikan jenjang S1-S3 dan program non-gelar di tahun 2023.

Penerima beasiswa akan menempuh kuliah di Hungaria dengan menerima manfaat beasiswa berupa biaya kuliah penuh, tunjangan akomodasi, tunjangan hidup, serta asuransi kesehatan. Pendaftaran beasiswa ini dibuka pada bulan November 2022 hingga 16 Januari 2023. Untuk informasi selanjutnya, Anda dapat melihat di laman Stipendium Hungaricum https://stipendiumhungaricum.hu/apply/     

Turkiye Burslari Scholarship

Beasiswa ke Turki ini disediakan langsung oleh pemerintah Turki untuk pelajar internasional jenjang S1 hingga S3. Penerima beasiswa akan mendapatkan manfaat berupa biaya kuliah penuh, asuransi kesehatan, tiket pesawat pulang dan pergi, serta pelatihan bahasa Turki. Namun, persyaratan usia yang harus dipenuhi untuk pendaftar jenjang S1 maksimal berusia 21 tahun, S2 maksimal berusia 30 tahun, dan S3 maksimal usia 35 tahun.

Pendaftaran dibuka pada tanggal 10 Januari hingga 20 Februari 2023. Untuk informasi lanjutan, dapat dilihat di laman Turkiye Burslari Scholarship https://www.turkiyeburslari.gov.tr/  

Swedish Institute Scholarship for Global Professional (SISGP)

Jenis beasiswa ini didanai oleh Kementerian Luar Negeri Swedia dengan memilih 350 penerima beasiswa dari 41 negara, termasuk Indonesia. Mereka akan menjalani pendidikan tinggi jenjang S2 dan penelitian di universitas yang tersedia di Swedia. Manfaat beasiswa yang akan diberikan antara lain biaya kuliah penuh, asuransi kesehatan dan kecelakaan, tunjangan hidup bulanan, tiket perjalanan satu kali, membership Network dengan peluang Network sesama alumni dan pengembangan karier.

Global Korea Scholarship (GKS)

Global Korea Scholarship adalah beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Korea Selatan untuk pelajar internasional, dalam berbagai jenjang. Adapun beasiswa GKS yang saat ini sedang dibuka untuk tahun akademik 2023/2024 adalah beasiswa jenjang S2.  

Anda dapat mendaftar GKS lewat dua jalur, yaitu universitas dan kedutaan. Penerima beasiswa akan menerima manfaat beasiswa berupa pelatihan bahasa Korea, tiket pesawat PP, SPP, dana penelitian, tunjangan bulanan, biaya cetak tesis, asuransi kesehatan, tunjangan kedatangan serta penyelesaian studi.

Pendaftaran dibuka 17 Februari hingga 10 Maret 2023. Untuk informasi lebih lanjut, dapat Anda lihat di laman GKS https://www.gksscholarship.com/   

KAIST International Student Scholarship

Pemerintah Korea memberikan program beasiswa kepada pelajar internasional termasuk Indonesia setiap tahunnya, dengan nama Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) dalam berbagai jenjang (S1-S3). Saat ini beasiswa yang tengah dibuka untuk tahun akademik 2023/2024 adalah beasiswa musim semi jenjang S1.  

Bagi yang mendapatkan beasiswa akan menuntut ilmu di universitas yang tersedia di Korea. Pelamar akan menerima manfaat berupa biaya kuliah gratis, tunjangan hidup, tunjangan penelitian, serta asuransi kesehatan. Pendaftaran beasiswa ini dibuka November 2022 hingga 13 Januari 2023. Untuk informasi selanjutnya, dapat Anda lihat di laman KAIST https://apply.kaist.ac.kr/InterApply/

Romanian Government Scholarship

Pemerintah Rumania memberikan beberapa beasiswa bagi Warga Negara Asing (WNA) termasuk Warga Negara Indonesia (WNI) jenjang S1-S3, pada tahun 2023. Penerima beasiswa akan mendapatkan fasilitas berupa pembiayaan biaya kuliah, akomodasi di asrama, tunjangan bulanan, bantuan medis darurat, serta transportasi lokal. Permohonan yang diajukan bisa melalui Kedutaan Besar Rumania di Jakarta atau Kedutaan Besar Indonesia di Bucharest tidak akan dipertimbangkan. Pendaftaran dibuka pada 15 Desember 2022 sampai 15 Maret 2023. Permohonan beasiswa hanya dapat dikirimkam melalui platform Study in Romania di https://scholarships.studyinromania.gov.ro/scholarship-about

Demikianlah penjelasan tentang program beasiswa kuliah 2023. Kira-kira, jenis beasiswa mana yang akan Anda pilih?

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…