Inggris Rilis Prangko Pertama Raja Charles Tanpa Mahkota, Kapan Dijual?

ERA.id - Prangko baru yang menampilkan gambar Raja Charles tanpa mahkota terungkap untuk pertama kalinya. Desain perangko ini terungkap pertama kali sejak kematian Ratu Elizabeth.

Desain terbaru yang menampilkan Raja Charles ini akan digunakan oleh pemerintah Inggris mulai dari uang koin, uang kertas hingga sandi kerajaan resmi. Pemerintah secara bertahap akan mengganti desain dengan wajah Raja Charles sejak kematian Ratu Elizabeth pada September lalu

"Seperti semua prangko, raja menyetujuinya dan kami berharap dia senang dengan desain ini," kata Direktur Utama Urusan Luar dan Kebijakan di Royal Mail, David Gold, dikutip Reuters, Rabu (8/2/2023).

Sesuai dengan tradisi sejak Penny Black pertama tahun 1840, prangko 'definitif' yang baru menggunakan versi potret Charles yang diadaptasi dan muncul pada mata uang baru.

Menurut David, Charles meminta agar desain prangko itu tetap mempertahankan nilai tradisional yang sudah melekat di Inggris. Mereka pun sama sekali mencoba untuk membuat desain menjadi modern.

"Panduan yang diberikan kepada kami bukanlah untuk mencoba menjadi terlalu pintar atau mencoba membelok ke arah yang berbeda, tetapi sangat mempertahankan citra tradisional yang sudah sangat biasa bagi kita semua," jelasnya.

Prangko baru ini akan mulai dijual untuk umum pada awal April. Nantinya prangko yang dijual hanya menampilkan kepala raja dan nilainya dengan latar berwarna polos.

"Ada preseden raja tidak memakai mahkota," kata David.

Desain prangko terbaru ini didasarkan pada patung yang dibuat oleh seniman Martin Jennings untuk koin Raja Charles yang baru, dengan gambar yang kemudian diadaptasi secara digital untuk perangko.

Menurut keterangan Royal Mail, Charles adalah raja Inggris ketujuh yang tampil di stempel definitif. Ratu Victoria adalah yang pertama kali muncul dalam prangko Inggris.

Sementara dengan adanya peluncuran prangko terbaru dengan gambar Raja Charles tanpa mahkota, Prangko yang ada dengan gambar mendiang Ratu Elizabeth akan tetap berlaku dan didistribusikan sampai stok habis.