Runway Garis Poetih 2023, Rya Baraba Pamerkan Koleksi BLOSSOMS SENSE Spesial Hari Raya Idul Fitri

ERA.id - Desainer asal Bandung, Rya Baraba menampilkan 32 koleksi busananya di parade mode yang diinisiasi Ivan Gunawan, Garis Poetih 2023. Kali ini, ia menampilkan koleksi terbaru dengan mengusung tema BLOSSOMS SENSE sebagai koleksi Hari Raya. 

BLOSSOMS SENSE terinspirasi dari makna Hari Raya Idul Fitri. Momen Lebaran menjadi inspirasi dan landasan ide koleksi Hari Raya dengan mengangkat filosofi yang tumbuh, mekar, memancarkan aroma wangi yang khas serta membagikan visual yang indah. 

Rya Baraba awalnya mengaku tak percaya diri untuk menampilkan koleksi busananya di Garis Poetih 2023. Namun, ia merasa bersemangat ketika mendapat dukungan penuh dari Ivan Gunawan.

Koleksi Rya Baraba (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit) 

"Saya diajak awalnya kurang percaya diri. Masih ada ketidakpercayaan, mas Ivan bilang bisa-bisa, akhirnya kita saling sharing," ujar Rya Baraba, saat ditemui di Ciputra Artpreneur, Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan pada Rabu (15/2/2023). 

Koleksi BLOSSOMS SENSE menghadirkan nuansa feminim, sweet dan urban yang menambahkan kesan syahdunya hari raya Idul Fitri. 

Koleksi Rya Baraba (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit) 

"Rya Baraba mengangkat tema blossoms sense, ini didasari dari filosofi bunga. Bunga itu kan mekar dibutuhkan dari kesabaran, salah satunya dari kehidupan dikaitkan umat Muslim menjalankan ibadah puasa harus dibutuhkan kesabaran," jelasnya. 

"Nanti mendapatkan kemenangan di hari raya, seperti mekarnya bunga itulah hari raya. Hari kemenangan, koleksi ini akan saya tampilkan," tambahnya. 

Rya Baraba menampilkan 32 koleksi busana dalam acara runway Garis Poetih. Koleksinya kali ini diberikan sentuhan detail layering, embroidery dan beading, sehingga menambah kesan mewah. Selain itu, siluet busana berupa A-line, dinamis, dan flowly. 

"Koleksinya sendiri ada 32 looks. Terdiri dari printing, bahan-bahan modern yang saya mix dengan kain printing. Siluetnya ada A- line, dinamis dan flowly," ucapnya. 

Koleksi Rya Baraba (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit) 

Dalam koleksinya kali ini, Rya Baraba menggabungkan dua warna, yaitu gold dan pastel. 

"Untuk warnanya sendiri, bunga identik dengan pastel, saya angkat gold. Saya kombinasi warna pastel dan gold. Koleksinya (dijual) dari harga start Rp1,5 juta, " imbuhnya. 

Melalui BLOSSOMS SENSE yang dikeluarkan sebagai koleksi Hari Raya Idul Fitri 2023, Rya Baraba berharap dapat meng-influence Muslimah Indonesia agar tetap konsisten memajukan industri kreatif Indonesia di lini modest saat ini.