Prinsip Hidup Orang Bugis yang Layak Dipelajari dan Diterapkan

ERA.id - Salah satu suku yang dikenal memegang teguh adat-istiadat yang kuat adalah suku Bugis. Ada beberapa falsafah yang dipegang erat oleh suku Bugis hingga saat ini. Falsafah inilah yang dijadikan prinsip hidup orang Bugis. Untuk penjelasan lebih lanjut, ikuti ulasan di bawah ini.

Potret perempuan Bugis. (Sumber: Instagram @lida_selfi07)

Prinsip Hidup Orang Bugis

Falsafah atau prinsip hidup merupakan sikap batin paling mendasar yang dimiliki oleh orang Bugis, antara lain:

Getteng

Getteng adalah sebuah ketegasan, tidak peduli anak atau keluarga sendiri, yang benar tetap benar dan yang salah tetaplah salah. Oleh sebab itu, seseorang yang tegas tidak akan gentar mengungkapkan apa yang menurutnya benar walaupun yang melakukan adalah keluarganya atau orang yang terpandang. 

Getteng bukan berarti pemarah, galak, kasar dan arogan. Ada seseorang yang galak dan pemarah, tapi sama sekali tidak memiliki ketegasan. Oleh sebab itu, Getteng diaktualisasikan dengan sikap kejujuran, lugas, tidak berbelit-belit, dan juga bertanggung jawab. Seseorang akan tegas dalam mengambil keputusan, teguh pendirian, tabah, serta tahan dari setiap godaan. Getteng ditunjang dengan Asitinajang (asas kewajaran), antara lain bijaksana, arif, dan adil dalam melakukan sesuatu.

Sedangkan butir-butir yang ada di dalam Getteng antara lain:

- Mempunyai pendirian yang kuat, tidak goyah dengan situasi dan kondisi

- Mempunyai sifat jujur dan tidak plin-plan

- Memegang erat prinsip, jika salah tetap salah, jika benar tetap benar

- Bertanggung jawab atas apa yang dikatakan

- Bertanggung jawab terhadap apa pun yang telah dilakukan 

Lempu

Lempu merupakan sesuatu tindakan yang lurus, dalam artian mengakui, berkata, atau pun menyatakan suatu informasi yang sesuai dengan kenyataan. Sikap Lempu dicerminkan dari dalam hati nurani setiap manusia dan bukan hasil pemikiran yang melibatkan otak dan hawa nafsu belaka, tetapi hasil proses ininnawa (renungan hati yang dalam). Oleh sebab itu, Lempu adalah sikap seseorang saat berhadapan dengan sesuatu maupun fenomena tertentu dan mengisahkan kejadian tersebut tanpa ada perubahan dan modifikasi sedikit pun.

Ada Tongeng 

Ada Tongeng berhubungan dengan ucapan, yaitu berkata benar, tidak berbohong, dan tidak ada ucapan yang direkayasa. Seseorang tidak mungkin bertindak jujur tanpa didahului sikap ada tongeng.  Tidak mungkin pula bersifat tegas dan konsekuen (getteng) jika tidak dibangun dengan Lempu dan Ada tongeng.

Butir-butir yang dikandung dalam Ada tongeng, antara lain:

- Ada tongeng dimulai dari niat.

- Ada tongeng bermula dari sadda’ (kata yang belum terucap),

- Ada tongeng merupakan hasil renungan kalbu;

- Ada tongeng ungkapan kata hati yang benar, dan 

- Ada tongeng bukan kata berandai-andai.

Sipakatau 

Sipakatau merupakan sebuah kata dalam bahasa Bugis yang bermakna memanusiakan manusia. Misalnya, dalam membangun usaha, berkata benar dan bersifat jujur adalah hal paling utama sebagai modal membangun dan merawat kepercayaan pelanggan.

Menjalani setiap usaha yang dirintis dengan keteguhan hati, serta bersikap saling menghargai antara penjual dan pembeli, dengan rasa saling menghormati satu sama lain. Selanjutnya, setiap proses dari usaha selalu berserah diri kepada Tuhan, namun tetap berusaha dan yakin bahwa tidak ada yang sia-sia dalam setiap usaha yang bersungguh-sungguh.

Siri napesse 

Bagi orang Bugis, Siri merupakan nilai individualitas yang memiliki kaitan erat dengan harga diri, respek diri, dan rasa malu. Orang Bugis tidak ingin dipermalukan tanpa ada alasan yang jelas. Orang Bugis Makassar juga sangat menjunjung tinggi siri ini. Pada umumnya, mereka akan merasa malu untuk menjalani perbuatan yang tidak baik.  Pesse bagi orang Bugis adalah nilai solidaritas, kebersamaan, dan memegang teguh prisnip hidup getteng, lempu, dan ada tongeng yang mempererat tali kekerabatan dan persaudaraan dalam pergaulan.   

Demikianlah ulasan mengenai keluhuran prinsip hidup orang Bugis yang dapat kita adopsi ke dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…