Beberapa Tanda Tubuh Harus Istirahat dari Rutinitas Kerja yang Menjenuhkan

ERA.id - Jika Anda adalah salah seorang yang memiliki rutinitas harian duduk selama berjam-jam di depan komputer, kemungkinan besar Anda sering mengalami kelelahan. Namun, karena semangat dan etos kerja yang besar terhadap pekerjaan yang Anda tekuni, terkadang membuat Anda kerap mengabaikan kesehatan. Meskipun demikian, Anda harus memahami dan menyadari beberapa tanda tubuh harus istirahat dari pekerjaan.

Tanda Tubuh Harus Istirahat

Memanjakan diri dengan pijat menjadi salah satu bentuk apresiasi untuk diri sendiri yang terlalu penat (Foto: Pixabay)

Kira-kira apa saja tanda-tanda tersebut? Berikut beberapa ciri yang harus Anda pahami.

Sariawan dan bibir pecah-pecah

Karena terlalu lama bekerja di dalam ruangan ber-AC, Anda berpotensi membuat bibir kering dan pecah-pecah. Untuk mencegah terjadinya hal ini adalah dengan sering-sering minum air putih, caranya adalah dengan menyediakan botol minum di atas meja kerja Anda. Namun, jika sariawan sudah telanjur parah, sebaiknya periksakan ke dokter dan beristirahat.

Gangguan mata

Saat tubuh Anda kelelahan, tentunya mata juga akan ikut merasakan lelah. Apalagi jika Anda selalu duduk berlama-lama di depan komputer hingga menjadikan mata berdenyut, berair, dan pandangan sedikit kabur. Ini merupakan tanda jika mata Anda mulai mencapai titik lelah.

Segeralah lepaskan pandangan Anda dari layar komputer, kemudian pandanglah benda-benda yang ada di kejauhan, misalnya pergi ke halaman kantor untuk melihat taman. Cara selanjutnya untuk mengatasi mata lelah yaitu dengan sering berkedip, mengompres dengan handuk hangat, atau memeriksa kondisi mata ke dokter saat pandangan Anda sudah mulai terganggu. Bagaimanapun, mata juga memerlukan istirahat, bukan?

Berat Badan Naik atau Turun

Dalam kondisi lelah, tubuh mulai mengeluarkan reaksi secara abnormal. Hal ini bisa berupa gejala tubuh gemetar, mual, serta kesulitan dalam fokus. Jika kondisi ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama, perubahan berat badan secara drastis dapat saja terjadi. Oleh sebab itu, tetaplah menjaga pola makan saat bekerja dan mulailah untuk rutin berolahraga.

Mudah emosi

Tahukah Anda, kelelahan juga ternyata berpengaruh terhadap emosi seseorang? Sehingga seseorang yang kelelahan akan jadi lebih sensitif. Jika sudah terkontaminasi emosi, tentunya kinerja juga akan terganggu. Sebaiknya, tentukanlah waktu untuk berlibur, agar pikiran menjadi fresh dan lupakan sejenak pekerjaan. Anda perlu me-recharge energi dengan menikmati suasana dan aktivitas baru.

Insomnia

Pola tidur yang tidak teratur juga kerap dialami para pekerja, sebab mengorbankan waktu istirahatnya. Orang yang selalu mengalami insomnia akan merasa sulit mengantuk dan terus terjaga. Selain itu, fungsi tubuh dan konsentrasi juga berisiko menurun. Untuk mengatasinya, sebaiknya mulai atur kembali jadwal tidur Anda. Jika sudah lelah, hendaknya jangan paksakan tubuh untuk terus bekerja.

Hubungan dengan Orang Terdekat Menjadi Berjarak

Kelelahan juga berisiko mengakibatkan ketidakmampuan untuk mempertahankan hubungan baik. Misalnya, Anda menjadi enggan meluangkan atau menghabiskan waktu dengan anak.

Contoh lainnya, hubungan dengan pasangan menjadi tegang dan Anda merasa tidak nyaman saat menghabiskan waktu bersama. Hal ini terjadi hanya karena ada hal yang tidak beres dalam tubuh Anda.

Demikianlah tanda tubuh harus istirahat. Berbagai kondisi yang dijelaskan sebelumnya merupakan gejala yang menunjukkan tubuh Anda lelah. Jika memang dibutuhkan, Anda dapat mengambil cuti 1 atau 2 hari untuk sekadar beristirahat dan memenuhi kebutuhan tidur.

Jika tubuh sudah kembali segar, lanjutkan dengan melakukan aktivitas fisik dengan olahraga ringan seperti jalan kaki atau yoga. Namun, jika ada permasalahan yang terasa serius, segeralah periksakan diri ke dokter.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…