Abu Janda Sebut Anies Bertanggung Jawab Soal Tragedi Depo Pertamina Plumpang: Nyawa Melayang

ERA.id - Pegiat media sosial Permadi Arya atau yang akrab disapa Abu Janda berkomentar terkait dengan pernyataan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan yang meminta pihak pemberi izin warga di sekitar Depo Pertamina Plumpang untuk bertanggung jawab.

Menurut Abu janda, Anies merupakan orang yang bertanggung jawab karena saat pilkada berjanji tak akan merelokasi warga di sekitar Depo Pertamina Plumpang.

Bahkan, kata dia, Anies menerbitkan IMB ilegal untuk warga di atas tanah sengketa. Padahal, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok telah meminta warga di sekitar Depo Pertamina untuk pindah.

"Anies harus tanggung jawab nyawa yang melayang," jelas Abu Janda melalui akun Instagram resminya pada Selasa (7/3/2023).  

Seperti diketahui, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan seharusnya warga yang tinggal di sekitar buffer zone atau area aman di Depo Plumpang dipindahkan.

Hal ini disampaikan Luhut menanggapi insiden kebakaran Depo Pertamina yang menyebabkan 19 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka.

Luhut mengatakan Depo Pertamina telah lama dibuat di wilayah Plumpang sejak lama. Dia menyatakan Petramina juga telah menyiapkan wilayah kosong untuk tidak ditinggali agar tak ada kejadian yang membahayakan warga.

"Jangan ini (depo) yang disuruh pindah, orang yang tak berhak di situ yang disuruh pindah, jangan dibalik-balik," jelas Luhut di Pushidrosal TNI AL, Jakarta Utara pada Senin (6/3).