Tips Memilih Pekerjaan Sesuai Potensi dan Bakat yang Kita Miliki

ERA.id - Setiap orang pasti memiliki serangkaian keahlian dan bakat, di mana keduanya menjadi hal yang dinikmati dan dilakukan dengan lebih baik daripada orang lain. Anda bahkan bisa menggunakan keduanya sebagai acuan dalam menemukan pekerjaan atau karier yang sesuai dengan bakat dan minat Anda.

Oleh karena itu, mengetahui apa yang jadi bakat potensi Anda adalah langkah pertama dalam menemukan pekerjaan yang cocok.

Begitu Anda bisa menemukan apa bakat yang Anda miliki, Anda akan berada di posisi selangkah lebih dekat menjadi SDM berharga bagi perusahaan tempat Anda bekerja kelak. Sebab, Anda pun jadi tahu bagaimana menjadikan bakat Anda jadi keahlian alias skill yang dibutuhkan perusahaan.

Sebelumnya, Anda perlu memilih pekerjaan yang sesuai dengan bakat Anda terlebih dahulu, untuk mencari lowongan pekerjaan Anda bisa mencari di situs seperti Lacak Loker.

Untuk membantu Anda, simak dulu tips memilih pekerjaan sesuai potensi dan bakat demi karier cemerlang di masa depan. Ini dia tipsnya!

Identifikasi Skill dan Bakat

Pertama, Anda perlu kenali dulu apa saja skill dan bakat Anda. Untuk melakukannya, Anda bisa mulai dengan melihat kondisi Anda saat ini di tempat kerja yang sekarang.

Cari tahu apa saja kriteria yang dibutuhkan perusahaan ketika Anda direkrut. Kalau kriterianya masih cocok, catat kriteria tersebut. Tapi kalau Anda sudah tidak ingat apa saja kriterianya, coba cari lowongan kerja (loker) untuk posisi yang sama di perusahaan lain.

Di samping itu, Anda juga bisa mengidentifikasi skill dan bakat dengan bertanya pada orang-orang di sekitar, baik itu rekan kerja atau atasan. Anda pun bisa melakukan tes online untuk mengevaluasi skill Anda.

Mulai dari Bidang yang Anda Inginkan

Hal berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah memilih loker dari bidang yang Anda inginkan. Berkat internet, sekarang Anda bisa cari loker dengan lebih cepat dan mudah. Kemudian coba cari tahu loker yang bidangnya sesuai bidang pekerjaan yang selama Anda inginkan.

Minta Saran dan Buat Daftar

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah googling. Coba gunakan kata kunci “pekerjaan untuk orang yang jago matematika”, “pekerjaan paling cocok untuk orang yang jago analisis”, dan sebagainya. Di samping itu, Anda juga bisa minta saran dari orang-orang di sekitar, seperti sahabat atau keluarga.

Setelah Anda mendapatkan beberapa saran dan rekomendasi terkait dengan pekerjaan atau karier yang cocok untuk Anda, buatlah sebuah daftar apa saja profesi atau pekerjaan yang dianjurkan untuk skill dan bakat yang Anda punya. Kemudian, sekali lagi manfaatkan internet dan cari daftar loker sesuai profesi yang ada di daftar Anda.

Sortir Daftar yang Sudah Anda Buat

Dari proses tadi, Anda bisa sortir kembali daftar yang telah dibuat berdasarkan informasi yang Anda dapatkan saat mencari informasi tentang masing-masing pekerjaan yang direkomendasikan.

Misalnya apakah kualifikasinya memang sesuai dengan bakat dan keahlian yang Anda punya, standar gaji, WFO atau WFH, dan sebagainya. Setelah Anda sortir, Anda harusnya tinggal punya beberapa opsi saja yang dinilai paling cocok berdasarkan pertimbangkan potensi hingga gaji dan lokasi.

Baca Job Description dengan Cermat

Pastikan bahwa Anda membaca setiap job description dengan cermat dan lengkap. Pahami dengan baik apa saja keahlian yang dibutuhkan oleh pekerjaan tersebut, dan cocokkan dengan keahlian yang Anda punya.

Meskipun terlihat sepele, rupanya masih banyak yang suka melewatkan bagian ini. Padahal, membaca dan memahami job description tak hanya bisa membantu Anda mencari tahu apakah pekerjaan tersebut sesuai keahlian Anda atau tidak, tapi juga membantu Anda mendapatkan ide untuk menyesuaikan isi CV atau resume saat melamar pekerjaan nanti.

Cari Pekerjaan Terkait

Ketika Anda mencari loker secara online, biasanya website loker juga akan menawarkan beberapa rekomendasi pekerjaan terkait. Rekomendasi tersebut jangan sampai Anda abaikan ya.

Karena tak jarang meskipun judul profesinya bisa jadi beda dengan yang ada di daftar Anda, tapi sebenarnya kriteria keahliannya berkaitan dengan keahlian yang Anda cari.

Nah, itu tadi tips memilih pekerjaan berdasarkan potensi yang Anda punya. Semoga informasinya bermanfaat dan selamat mencari pekerjaan yang tepat!