Belasan Orang Tertimpa Material Kubah Masjid yang Roboh di Makassar

ERA.id -  Insiden robohnya konstruksi kubah Masjid Ittifaqul Jama'ah Pattingalloang, Kelurahan Pattingalloang, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, dilaporkan menimpa belasan orang jemaah.

Peristiwa itu diketahui terjadi pada, Minggu (26/3/2023) malam. Badan Penangglangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, hingga Senin (27/3/2023) dini hari melaporkan, belasan orang jadi korban luka-luka dalam insiden itu.

“Korban berjumlah 12 orang langsung dimobilisasi ke rumah sakit sesaat pascakejadian,” kata Kepala Pelaksana BPBD Makassar Achmad Hendra Hakamuddin melalui penanggung jawab laporan Risman Alam dalam keterangan tertulis yang diterima.

Mereka yang menjadi korban dibawa pada tiga rumah sakit berbeda. Yakni RS Akademis, PKM Pattingaloang dan RS Jala Ammari Angkatan Laut. BPBD juga telah mendapat laporan sementara terkait dugaan pemicu kejadian itu. “Konstruksi di salah satu atap masjid rubuh,” Risman.

Insiden itu diketahui terjadi saat jemaah telah melaksanakan salat Isya. Saat mendengar ceramah, jelang salat Tarawih, konstruksi bangunan kubah dilaporkan tiba-tiba roboh dan menimpa sejumlah jemaah di dalam masjid.

Sebagian besar di antaranya mengevakuasi diri. Sementara yang lainnya tertimpa reruntuhan material bangunan. Hingga kini, otoritas terkait dilaporkan masih menelusuri penyebab robohnya konstruksi kubah masjid yang menimpa belasan jemaah.