Stadion untuk Piala Dunia U20 di Indonesia Ada di 6 Kota Ini, Mana Saja?

ERA.id - Piala Dunia U-20 merupakan turnamen sepak bola internasional yang diikuti oleh tim nasional U-20 dari seluruh dunia. Untuk menyelenggarakan turnamen ini, diperlukan stadion untuk Piala Dunia U20 dengan memenuhi standar FIFA.

Piala Dunia U-20 2023 sendiri akan diselenggarakan di Indonesia dan beberapa stadion di Indonesia akan menjadi tuan rumah turnamen ini.

6 Stadion untuk Piala Dunia U20

Terdapat enam stadion yang akan menjadi venue pertandingan Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar mulai 20 Mei hingga 11 Juni mendatang. Berikut ini profil enam stadion enam stadion di Indonesia yang dijadwalkan:

1. Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta)

Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta adalah stadion kebanggaan Indonesia. Stadion ini dibangun pada 8 Februari 1960 dan mulai dibuka pada 21 Juli 1962. Perlu diketahui stadion ini merupakan kandang tim nasional Indonesia.

GBK sudah beberapa kali direnovasi. Renovasi terakhir dilakukan pada tahun 2016 dan selesai pada tahun 2018 sebagai persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Stadion yang berkapasitas 77.000 penonton ini juga akan menjadi tempat upacara pembukaan Piala Dunia U-20 2023.

2. Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya)

Stadion Gelora Bung Tomo merupakan stadion yang terletak di Surabaya, Jawa Timur. Stadion ini memiliki kapasitas 45 ribu penonton.

Perlu diketahui, dalam pembangunannya stadion ini menghabiskan anggaran sebesar Rp 100 miliar. Stadion ini dibangun pada 1 Januari 2008 dan dibuka pada 6 Agustus 2010. Kini Stadion Gelora Bung Tomo menjadi markas klub Persebaya Surabaya.

3. Stadion Si Jalak Harupat (Bandung)

Stadion Si Jalak Harupat terletak di Kota Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Stadion ini merupakan markas klub Persib Bandung. Selain itu, stadion ini juga pernah menjadi markas Persib Bandung, Pelita Bandung Raya, dan PSKC Cimahi.

Stadion yang berkapasitas 30 ribu penonton ini mulai dibangun pada Januari 2003 dan resmi digunakan pada tahun 2005. Stadion ini telah mengalami beberapa kali renovasi, yaitu pada tahun 2009 dan 2022.

Stadion Si Jalak Harupat juga pernah menggelar beberapa event internasional seperti Piala AFF 2008, Piala Menpora 2013 dan Asian Games 2018.

4. Stadion Mandala Krida Yogyakarta

Stadion keempat adalah Mandala Krida yang berada di Yogyakarta. Diberitakan sebelumnya, stadion ini membutuhkan perbaikan, termasuk lampu sorot dengan ketinggian minimal 35 meter dari yang ada saat ini 28 meter.

Selain itu, juga dilakukan beberapa penggantian seperti single seat, relayout untuk area barat, penambahan mekanikal dan elektrikal termasuk AC dan genset serta relayout mix zone (media dengan pemain).

5. I Wayan Dipta di Gianyar, Bali

Selanjutnya Piala Dunia U20 di Bali akan dihelat di Stadion I Wayan Dipta di Gianyar, Bali.

Stadion ini sudah mengalami pembenahan antara lain penambahan empat ruang ganti pemain, penambahan single seat sesuai standar FIFA, pemasangan pagar di lingkar luar stadion, dan penambahan daya penerangan.

Selain itu, juga dilakukan pemasangan rain gun untuk penyiraman rumput dan penyiapan aspek legalitas stadion IMB dan SLF di stadion ini.

6. Stadion Gelora Sriwijaya

Stadion Gelora Sriwijaya (Twitter)

Salah satu venue laga Piala Dunia U-20 2023 adalah Stadion Gelora Sriwijaya. Stadion ini adalah stadion kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan dan menjadi stadion ketiga terbesar di Indonesia (setelah Gelora Bung Karno dan Stadion Utama Palaran Kalimantan Timur).

Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring dibangun pada 2001 dan selesai pada September 2004. Stadion ini pernah menjadi venue laga Pekan Olahraga Nasional atau PON XVI 2004, SEA Games, Asian Games, dan Piala Asia.

Selain stadion untuk piala dunia u20, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman