Replika Masjid Raya Sheikh Zayed Ambruk Akibat Hujan Lebat

ERA.id - Hujan lebat yang disertai angin kencang yang mengguyur kota Solo membuat replika Masjid Raya Sheikh Zayed di depan Plaza Balai Kota Solo ambruk pada Selasa (28/3/2023) sore. Kejadian ini membuat warga yang berada di sekitar plaza dan melintas di jalan heboh.

Lokasi ini juga digunakan sebagai sentra kuliner dan pasar takjil Ramadan. Sehingga warga sering berburu takjil di kawasan ini. Selain itu banyak pula warga yang sengaja datang untuk berfoto di replika masjid ini.

Ambruknya replika masjid ini dibenarkan oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Solo, Siti Khotimah. Pasca kejadian ini pihaknya akan segera memperbaiki hiasan replika Masjid Raya Sheikh Zayed dan hiasan lampu yang di depan halaman Balai Kota Solo ini.

"Sebenarnya sudah kami sangga dengan kerangka besi. Tapi ini langsung kami perbaiki, kami sudah koordinasi dengan penyedia jasanya," katanya.

Sementara itu berdasarkan laporan yang diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo, curah hujan di Solo pada Selasa (28/3) sore sangat deras. Kepala BPBD Kota Solo Nico Agus Putranto mengatakan hujan lebat ini juga menumbangkan tiga pohon di tiga lokasi berbeda. Selain itu banyak pula genangan akibat hujan lebat ini.

"Untuk titik rawan bencana di Solo, di antaranya Jebres dan Mojosongo. Untuk pohon tumbang langsung kami evakuasi agar tidak menghalangi jalan," katanya.