Saling Ancam di Rapat, Anggota DPR Johan Budi: Semoga Pak Mahfud Tak Direshuffle

ERA.id - Anggota Komisi III DPR RI Johan Budi mendoakan agar Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD tak direshuffle oleh Presiden Joko Widodo buntut polemik transaksi mencurigakan Rp349 triliun.

Hal itu disampaikan di sela-sela rapat dengar pendapat umum (RDPU) Komisi III DPR RI dengan Komite Koordinasi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (KN TPPU), Rabu (29/3/2023).

Awalnya, Johan mengingatkan agar Komisi III DPR RI maupun mitra kerjanya tak saling ancam hanya karena sedang berkuasa. Sebab, seluruh pihak memiliki sisi gelap masing-masing.

"Mungkin ketika kita berkuasa, tidak ada yang berani mengusik-usik. Saya, Alhamdulillah, diberi kesempatan bekerja di lemaga yang saya jadi tahu banyak tentang kotoran-kotoran orang lah," kata Johan.

"Jadi saya meminta teman-teman Komisi III jangan mengancam-ancam. Pak Mahfud juga jangan mengancam-ancam," imbuhnya.

Lebih lanjut, mantan juru bicara KPK itu mengingatkan bahwa jabatan yang dimiliki sekarang hanya sementara.

Misalanya, masa jabatan anggora DPR RI itu hanya lima tahun itu pun kalau tidak terkena pergantian antar waktu (PAW) oleh fraksinya. Begitu juga jabatan menteri.

"Jadi menko polhukam juga gitu Pak Mahfud. Belum tentu lima tahun lho. Kalau di reshuffle? Apalagi ada ramai-ramai gini," ucapnya.

Dia lantas menceritakan pengalamannya saat masih menjadi juru bicara Presiden Joko Widodo. Menurutnya, Jokowi paling tidak suka dengan anak buah yang suka berdebat di luar.

Biasanya, apabila ada menterinya yang berpolemik seperti itu, maka kemungkinan besar akan di reshuffle.

"Saya pernah jadi jubir Pak Jokowi. Pak Jokowi itu paling enggak suka sama menteri yang bedebat di luar, langsung di reshffle sama dia," ucapnya.

Namun, dia berdoa supaya Mahfud terbebas dari reshuffle meskipun pernyataannya terkait transaksi mencurigan bernilai ratusan triliun rupiah jadi ramai.

"Tentu saya berdoa dan saya mengagumi Pak Mahfud. Pak Mahfud tidak di reshuffle gara-gara ini. Saya kenal betul Pak Mahfud orangnya lurus, sangat berani," pungkasnya.