Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik yang Wajib Dilakukan

ERA.id - Sebentar lagi hari raya Idulfitri akan tiba. Anda mungkin akan menjalani tradisi mudik untuk berkumpul dengan keluarga dan kerabat yang tinggal di kampung halaman. Pada saat mudik, tentunya Anda akan meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama. Hal ini berisiko mengundang orang-orang yang berniat buruk untuk mengincar rumah yang ditinggalkan. Oleh sebab itu, sebelum berangkat mudik dan meninggalkan rumah, ada baiknya kita simak tips meninggalkan rumah saat mudik untuk mencegah kemungkinan terburuk.

Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Kunci Pintu dan Jendela

Pastikan pintu dan jendela rumah Anda sudah terkunci saat mudik (Pixabay)

Sebelum meninggalkan rumah untuk mudik, pertama kali yang harus dipastikan adalah kunci seluruh pintu dan jendela pada rumah Anda. Terutama jika Anda tinggal di daerah yang kurang aman atau tidak mempunyai petugas keamanan.

Cabut Aliran Listrik dan Gas

Namun, sebelum mengunci pintu dan jendela, pastikan Anda sudah mencabut semua aliran listrik dan gas sebelum meninggalkan rumah saat mudik. Misalnya kulkas, TV, AC, dispenser, dan kompor gas. Alat elektronik dan sambungan gas sangat berbahaya jika tidak ada yang memperhatikan keadaannya sebab kedua hal tersebut dapat mengakibatkan kebakaran jika terjadi kesalahan kecil yang fatal, contohnya korslet atau kebocoran gas.

Menyimpan Barang Berharga di Tempat Aman

Sebaiknya simpan barang berharga Anda di tempat aman misalnya di dalam brankas atau lemari sebelum Anda meninggalkan rumah saat mudik. Sebab, jika rumah Anda kemalingan, Anda tidak akan mengerti sampai Anda kembali pulang setelah mudik.

Bersihkan Rumah dan Tutup Lubang Pembuangan

Jangan lupa pula untuk membersihkan rumah dan tutup semua lubang pembuangan agar saat meninggalkan rumah ketika mudik, rumah Anda tidak menimbulkan bau tak sedap dan terhindar dari kedatangan nyamuk, tikus, kecoa, dan hewan-hewan lain.

Matikan Saluran Air dan Keran

Tentu tidak ada untungnya untuk tetap menghidupkan saluran air dan keran saat Anda meninggalkan rumah saat mudik. Mematikan saluran air dilakukan dengan tujuan untuk memastikan keran Anda tidak mengalir sehingga air tidak terbuang dengan cuma-cuma.

Titipkan Rumah pada Orang yang Anda Percaya

Sebelum meninggalkan rumah saat mudik, titipkan rumah Anda kepada tetangga atau kerabat yang tidak pergi mudik. Mintakan kepada mereka untuk sesekali memeriksa keadaan rumah selama rumah ditinggal. Selain itu, jangan lupa lapor kepada ketua RT/RW dan petugas keamanan sekitar jika Anda akan meninggalkan rumah saat mudik.

Pasang CCTV

Anda bisa memasang kamera CCTV pada beberapa bagian rumah seperti di garasi, halaman, kamar, dan ruang tamu. Hanya dengan mengeluarkan uang mulai dari 100 ribu-an, Anda bisa memantau keadaan rumah.

Gunakan Lampu Otomatis

Dengan memasang lampu otomatis saat meninggalkan rumah ketika mudik, akan menjadikan rumah Anda lebih aman sebab lampu akan menyala dengan otomatis ketika gelap. Jika lampu terlihat menyala terus sepanjang hari justru menandakan bahwa rumah tersebut sedang ditinggalkan oleh pemiliknya dan berpotensi menarik perhatian orang-orang jahat.

Demikianlah penjelasan tentang tips meninggalkan rumah saat mudik yang dapat Anda terapkan. Semoga perjalanan mudik Anda selamat dan lancar hingga tujuan.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…