Bantah KIB Bubar Setelah PPP Dukung Ganjar, Ketum Golkar: Kami Solid dan Guyub

ERA.id - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri Partai Golkar, PAN, dan PPP menggelar pertemuan di kediaman Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Komplek Widya Chandara, Jakarta, Kammis (27/4/2023) malam.

Pertemuan yang digelar tertutup itu hanya dihadiri oleh Airlangga, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas, dan Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono.

Usai pertemuan, Airlangga menegaskan bahwa KIB tetap solid. Hal itu merespons berbagai anggapan koalisinya bubar setelah PPP mengumumkan mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai bakkal calon presiden di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Kita ini semua, KIB, pada malam hari ini terlihat kita solid, guyub, dan rukun," kata Airlangga.

Dia mengatakan, dalam pertemuan tersebut Plt Ketua Umum PPP Mardiono secara langsung menyampaikan hasil rapat pimpinan nasional (rapimnas) PPP terkait capres.

Golkar dan PAN sama-sama mengapresiasi hasil rapimnas PPP. Airlangga menambahkan, KIB berprinsip tidak akan mencampuri mekanisme partai yang lain.

"Tentunya kami mengapresiasi mekanisme yang ada di PPP dan masing-masing partai. KIB tidak akan mencampuri urusan internal partai masing-masing dan itu clear," kata Airlangga.

Sebelumnya, PPP resmi menyampaikan dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai capres di Pilpres 2024.

Nantinya PPP akan berkomunikasi dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri terkait hasil rapimnas partainya.