Tak Pernah Unggah Pertemuan dengan Buruh Karena Bukan untuk Atraksi, Anies Sindir Ganjar?

ERA.id - Bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan mengaku tak pernah mengunggah pertemuannya dengan para buruh saat masih menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Menurutnya, pertemuan dengan buruh bukan atraksi politik, melainkan untuk mencari solusi bersama. Hal itu disampaikan saat menghadiri Hari Buruh bersama PKS di Kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Sabtu (6/5/2023).

"Saya datang kepada tokoh-tokoh buruh, berbicara, enggak ada postingnya, tidak ada mengundang media. Itu bukan atraksi, kami menghadirkan solusi," kata Anies.

Dia menuturkan, sikapnya ini untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemimpinnya. Sehingga, tidak hanya sekedar menjadi atraksi untuk menciptakan persepsi tertentu saja.

"Kami ingin mereka yang kami ajak bicara itu percaya bahwa gubernur datang ke rumah saya, gubernur diskusi dengan para buruh untuk mencari solusi keadilan. Bukan untuk menciptkan persepsi di luar sana tentang si gubernur," ucapnya.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan (mendikbud) itu mengaku tak masalah apabila upanya menyerap aspirasi buruh tak terkekspose secara luas.

Meski begitu, dia memastikan akan terus memperjuangkan aspirasi buruh.

"Mungkin ini tidak terdengar pada waktu itu, engga apa-apa, tapi biarlah kelak menjadi cerita sejarah kita. Ini akan terus kami jalankan serius untuk menyelesaikan masaah yang terkait dengan keadilan," kata Anies.

Oleh karenanya, dia menekankan supaya ke depan masyarakat melihat rekam jejak calon pemimpin mendatang. Sebab, penentu masa depan itu tergantung dengan apa yang dikerjakan di masa lalu.

"Saya mengajak kepada semua, lihatlah rekam jejak. Karena rekam jejak itulah yang menjadi dasar paling terpenting untuk memprediksi ke depan," ucapnya.

Diketahui, pada momen Hari Buruh, Gubernur Jawa Tengah yang juga calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo menggunggah pertemuannya dengan para buruh di akun Instagram pribadinya @ganjar_pranowo.

Pertama, saat dia bersilaturahmi dengan Konfederasi Serikat Buruh Indonesia (KSBI) pimpinan Andi Gani di Jakarta pada 1 Mei 2023.

Ganjar kemudian juga mengunggah pertemuannya dengan para buruh di Salatiga, Jawa Tengah.