Nyamar Jadi Petugas PLN, Pria di Makassar Curi Uang Rp800 Juta di Jakarta Utara

ERA.id - Pelarian dua pemuda di Kota Makassar, Sulawesi Selatan setelah mencuri uang ratusan juta di Jakarta Utara, berakhir. Keduanya berinsial TR dan DL. Mereka ditangkap oleh tim gabungan Jatanras Polrestabes Makassar dan Jatanras Polres Metro Jakarta Utara pada Minggu (14/5/2023) malam. 

“Pelaku melakukan pencurian pada 26 April 2023 di sebuah rumah mewah di Jakarta Utara dengan modus berpura-pura menjadi petugas PLN saat (momen) hari raya Idulfitri,” kata Kasat Reskrim Polrestabes Makassar AKBP Ridwan Hutagaol dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (16/5/2023). 

Mereka ditangkap didua tempat berbeda. Yakni di Jalan Andi Tonro, Kabupaten Gowa dan Jalan Abu Bakar Lambogo, Makassar. Keduanya teridentifikasi melarikan diri usai mencuri. Berdasarkan hasil pemeriksaan, sebelum beraksi, keduanya lebih dulu mengintai rumah mewah yang bakal jadi target operasi. 

Saat mengetahui rumah dalam kondisi kosong, keduanya langsung beraksi. “Setelah mengetahui rumah penghuninya tidak ada di dalam rumah pelaku mencungkil pintu dengan menggunakan linggis dan kemudian mengambil brankas yang berisi barang-barang berharga dan sejumlah uang tunai dengan total kerugian Rp800 juta,” tegas Ridwan.

Saat pengungkapan dan penangkapan itu, polisi gabungan menyita sejumlah barang bukti. Di antaranya seperti, delapan unit handphone, dompet, uang tunai dan buku rekening. Saat ini lanjut Ridwan keduanya telah ditahan dan dibawa oleh petugas ke Polres Metro Jakarta Utara untuk penyelidikan lebih lanjut. 

Keterangan foto: Tangkapan layar rekaman video, proses penangkapan dua pria asal Makassar usai mencuri di Jakarta Utara. (Istimewa/Jatanras Polrestabes Makassar).