Gagal Total, Festival Musik di Banten Baru Cek Sound Lewat Jam 8 Malam dan Bikin Nadin Amizah Terlantar di Mobil

ERA.id - Lagi-lagi penikmat musik Indonesia disuguhkan dengan festival musik abal-abal, kali ini bertajuk Folkanic Fest yang berlokasi di Serang, Banten, dan turut mengundang nama-nama besar seperti Pusakata, Fiersa Besari, hingga Nadin Amizah.

Folkanik Fest yang digadang-gadang sebagai "acara musik folk terbesar di Banten" dan dijadwalkan berlangsung selama dua hari (13-14 Mei 2023) itu berjalan berantakan sejak hari pertama.

Akun @BeteOrg membeberkan kekacauan Folkanic Fest lewat thread panjang di Twitter. Ia mengungkapkan festival musik itu sudah tampak janggal beberapa hari sebelum tanggal penyelenggaraan.

"H-3 Acara akun official folkanic fest memberikan informasi bahwa artis dan band yg akan tampil di tanggal 13 atau day 1 gagal tampil dan tidak di sertakan alasan," tulisnya, Senin (15/5/2023). "Panitia menawarkan refund namun tidak di beri tahu cara refund bagi yg sudah membeli tiket."

Gara-gara itu, Folkanic Fest baru dimulai pada hari kedua. Namun, daftar pengisi acara juga masih berubah-ubah. Fiersa Besari yang dijadwalkan bakal tampil pada hari itu mendadak dikabarkan tak jadi ikut serta.

Kekacauan tak berhenti sampai di sana, akun @BeteOrg juga membagikan potongan-potongan video dari para penonton di Lapangan Hitam Grup 1 Kopassus Serang, Banten, yang tampak kecewa dengan persiapan panitia Folkanic Fest.

Diketahui hingga malam hari belum ada penampil yang datang dan sound system baru dipasang setelah lewat jam 7 malam.

"Di liat dari snap temen temen yang sudah datang ke venue belum ada penampilan band artis lokal ataupun artis ibukota, bahkan sound dan alat musik tidak ada di atas panggung. Belum ada band yang cek sound sampai malam," tulis akun @BeteOrg.

Menurutnya, panitia baru mengecek sound setelah pukul 20.00 WIB dan menelantarkan para penampil yang sudah tiba di Serang sejak pagi, termasuk Nadin Amizah.

Pelantun lagu Bertaut itu mengabari fansnya lewat Instagram bahwa dirinya telat tampil karena menunggu kesiapan teknis dari panitia dan terpaksa menunggu dalam mobil karena keadaan di belakang panggung tak kondusif.

"Backstageku hari ini adalah mobil, karena keadaan di belakang panggung sudah tidak kondusif," tulis Nadin. "Rencana langsung keluar dari mobil dan lari ke panggung." Ia akhirnya berhasil tampil dengan kondisi seadanya dan menyapa penggemarnya di Banten.

Hingga hari ini, belum ada pemberitahuan lebih lanjut dari pihak Folkanic Fest terkait tata cara refund tiket. Sementara itu, akun Instagram resmi mereka yaitu @folkanic.fest diserbu netizen sejak dua hari lalu.

"OPEN GATE JAM 5, MULAI JAM 10 KOCAK ANJIR WKWKWKWK SOUND DATENG JAM 8 LAH KITA CUMA NONTONIN ORANG SETTING SOUND LAWAKKKK!!!!!" tulis akun @sapirap***.

"INFO REFUND TIKET DONG! DI WA GA BALES! DI DM JUGA GA BALES! GILIRAN PAS PESEN TIKET BALESNYA GERCEP BANGET!" tambah akun @maria_dr***.

"Acara sampah ga ada persiapan apa apa jam 7 belum ngapa ngapain setdah," balas akun @ratufadil***.