Soal Rencana Pertemuan Puan-AHY, PDIP: Kami Punya Niat Baik Bukan Rusak Koalisi

ERA.id - Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah menegaskan, partainya memiliki niat baik dibalik rencana pertemuan Ketua DPP PDIP Puan Maharani dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yuhdoyono (AHY). Tidak ada maksud untuk merusak Koalisi yang sudah dibangun Partai Demokrat dengan Partai NasDem dan PKS.

"Kami punya niat baik juga. Kan kami duluan. Mbak Puan, habis mbak Puan saya, lalu Pak Sekjen, karena kami ingin buka pintu selebar-lebarnya. Politik itu kan komunikasi sehingga komunikasi antar partai politik tidak boleh mampet," kata Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (12/6/2023).

PDIP, kata Said, berprinsip menjaga komunikasi dengan seluruh partai politik, termasuk Partai Demokrat. Adapun tugas berdialog antar partai diserahkan kepada Puan yang juga menjabat sebagai Ketua DPR RI.

Maka, jangan diartikan rencana pertemuan itu bertujuan untuk merusak Koalisi Perubahan yang mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Demokrat itu partai politik, perlu kami ajak bicara, perlua ajak komunikasi," ujarnya.

"Jangan kemudian begitu bertemu 'wah ini nanti PDIP akan merusak koalisi', mana bisa kami punya niat seperti itu, tidak lah," imbuh Said.

Dia mengatakan, komunikasi yang dijalin PDIP melalui Puan tidak hanya untuk kepentingan Pemilu 2024. Melainkan bersifat jangka panjang.

"Ini penghormatan bagi setiap partai politik supaya kami bisa berkomunikasi dengan semua partai politik," ucapnya.

Sementara terkait pertemuan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dengan Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky, Said tak berbicara banyak.

"Itu kan Pak Sekjen, kalau udah level Pak Sekjen tunggu aja," kata Said.

Diberitakan sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDI Perjuanngan Hasto Kristiyanto bertemu dengan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky pada Minggu (11/6) malam. Pertemuan keduanya digelar di tengah wacana kerja sama PDIP dan Partai Demokrat di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kabar tersebut dibenarkan oleh Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra. Menurutnya, pertemuan digelar di kawasan Blok M sembari santap malam.

Menurutnya, pertemuan tersebut membahas tawaran kerja sama dan rencana pertemuan antara Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

"Ini menindaklanjuti tawaran kerja sama dan ajakan pertemuan mbak Puan-AHY oleh Hasto dan respon Sekjen Demokrat. Membahas rencana pertemuan dan kemungkinan kerja sama ke depan," papar Herzaky.

Terkait kapan pertemuan Puan dan AHY digelar, menurutnya hal tersebut masih dijadwalkan,

"Untuk jadwal pertemuan mbak Puan dan mas AHY, sedang menyesuaikan jadwal keduanya," ucap Herzaky.