Melihat Lebih Dekat Ribuan Makam di Tengah Tol Nagrak Kota Wisata Cibubur

ERA.id - Ribuan makam terlihat jelas di Lingkar Tol Nagrak jalur Tol Cimanggis Cibitung tepatnya di gerbang pintu tol Nagrak, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

Kamis pagi (15/6/2023), jurnalis era.id melihat langsung kondisi makam yang tersusun rapih. Di pemakaman itu terdapat tanaman pohon bambu dan saat ini sedang dibangun jalan konblok di lokasi itu agar memudahkan para warga yang berziarah.

Namun, di pemakaman itu tak terdapat pepohonan. Jadi terlihat gersang dan berbeda pada pemakaman umum lainnya yang ada tanaman seperti pohon kamboja. 

Kami bertemu dengan pengurus Masjid Jami Al-Muttaqin, Haji Dadi. Beliau menjelaskan bahwa ribuan makam warga sekitar di sini merupakan pindahan atau relokasi dari pemakaman sebelumnya. 

Dia menuturkan, makam yang ditengah jalan tol ini jumlahnya diperkirakan mencapai 2.700 makam. Sebenarnya, makam yang berada di tengah jalan tol itu pindahan dari Kota Wisata, yang tidak jauh dari lokasi sebelumnya. 

"Memang dulu ini pemakaman masyarakat dulu di Kota Wisata pindah kesini. Ini sudah dua kali pindah," kata dia di lokasi. 

Meskipun makam itu dikepung jalan tol, namun pihak pemerintah membangun terowongan ke lokasi tersebut. Sehingga, dapat memudahkan warga yang sedang berziarah ke lokasi. 

Ribuan makam yang berada di tengah jalan tol nagrak Cibubur. (Ilham/ERA)