Selain di Bantargebang, Sampah Menggunung Ada di Kawasan Bintara Bekasi

ERA.id - Tumpukan sampah yang menggunung tidak hanya ada di kawasan Bantargebang, akan tetapi tumpukan sampah juga ada di kawasan Bintara, Bekasi, Jawa Barat. 

Berdasarkan pantauan ERA di lokasi, Rabu (21/6/2023), tumpukan sampah kurang lebih setinggi 10 meter ini berada di salah satu lahan dekat pemukiman warga. 

Di lokasi itu, terlihat sejumlah pekerja sedang menurunkan sampah dari gerobak dan ada juga orang yang sedang mencari barang rongsokan dari kawasan tersebut.

Di lokasi itu, terdapat beberapa titik dari tumpukan sampah nampak adanya asap dari pembakaran sampah. Luas lokasi ini diperkirakan lebih dari satu hektar. 

Menurut sejumlah orang yang di wawancara, lahan tersebut milik swasta yang digunakan menjadi pembungaan sampah. Salah satu pekerja di lokasi pembuangan sampah ini yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, sampah-sampah ini berasal dari sekitar Bintara. Lokasi ini sudah ada sejak 5 tahun yang lalu.

Sampah ini terus menumpuk dikarenakan menjadi titik akhir sampah dan lalu dibakar begitu saja. Tidak ada petugas terkait yang membawa sampah menggunung truk ke lokasi pembuangan sampah pada umumnya.

Walupun begitu sejumlah orang mencari rezeki dengan mengumpulkan  botol bekas dari tumpukan yang nantinya untuk dijual.

"Tumpukan sampah yang tinggi dan membakar sampah agar mengurangi sampah menyebabkan polusi udara dan bau," ujar salah satu petugas keamanan perumahan, Abdul Mutolik. 

Ia mengatakan, terkadang adanya bau sampah serta asap dari pembakaran sampah saat arah angin menuju ke perumahan. Dirinya berharap agar tumpukan sampah atau tempah pembungan sampah dipindahkan dan tidak dekat dari pemukiman.