Perbedaan Lantai Vinyl Dan Spc, Simak di Sini!

ERA.id - Perbedaan lantai vinyl dan spc dapat ditinjau dari tingkat ketebalan, sisi pemasangan, komposisi produk, tampilan hingga harganya. Dalam mempertimbangkan perbedaan, tentunya harus diperhatikan agar tidak keliru dalam memilih.

Sebelum melakukan pemasangan lantai, ada baiknya jika Anda memahami apa saja perbedaan vinyl dan spc. Ada perbedaan yang cukup spesifik dari keduanya, masing-masing tentunya menarik dipilih untuk rumah baik dari segi desain ataupun harganya.

Ilustrasi-Pixabay

Dikutip dari berbagai sumber, di bawah ini adalah 7 perbedaan lantai vinyl dan spc:

Tingkat Kekokohan

Bagaimana perbedaan vinyl dan spc dari tingkat kekokohan? Jika ditinjau, lantai vinyl terasa tidak lebih kokoh dari spc. Hal ini dikarenakan dari segi komposisi, lantai vinyl memiliki tekstur yang lebih lembut juga terlihat lebih tipis. Berbeda dengan lantai spc, yang sudah dijelaskan memiliki ketebalan lebih ketimbang vinyl.

Tingkat Ketebalan

Lantai spc pada umumnya mempunyai ketebalan kisaran 4 – 6 mm. Sementara itu, ketebalan lantai vinyl berkisar 2 – 4 mm. Unsur ketebalan cukup mempengaruhi pemakaian, dapat Anda saat menginjak lantai.

Perbedaan Komposisi

Komposisi merujuk pada sifat bahan lantai yang dapat Anda rasakan. Komposisi bahan vinyl memiliki kecenderungan yang fleksibel, memiliki daya lentur dan lembut saat dipegang.

Adapun lantai spc cenderung tidak lentur dan kaku. Hal ini disebabkan spc diproduksi dari plastik batu komposit.

Desain dan Tampilan

Tampilan dan desain juga menjadi poin penilaian yang penting ketika memilih salah satu diantaranya. Perbedaan vinyl dan spc dari poin ini merupakan tampilan lantai spc yang lebih realistis dan memiliki tekstur yang lebih baik daripada vinyl. Walaupun demikian, tampilan tetaplah soal selera. Anda dapat mempertimbangkan sesuai dengan selera masing-masing.

Sisi Pemasangan

Proses pemasangan lantai vinyl memanfaatkan lem kuning. Adapun spc menggunakan foam dan tanpa lem yang aman menggunakan sistem Klik.

Ketika lantai dilepas untuk ke area baru, spc akan lebih mudah dilepas.

Keadaan Alas Lantai

Ketika diaplikasikan, lantai vinyl dan spc sama-sama membutuhkan alas lantai, seperti lantai keramik ataupun lantai acian. Namun, lantai vinyl kurang direkomendasikan untuk digunakan pada alas lantai yang terdapat “benjolan”. Hal ini disebabkan lantai vinyl bersifat lentur, ketika terdapat benjolan maka lantai akan mengikuti benjolan atau lebih terlihat menonjol.

Berbeda dengan spc yang tetap mempertahankan kontur yang rata walaupun terdapat benjolan pada alas lantai.

Harga

Perbedaan vinyl dan spc yang terakhir dapat dilihat dari segi harga. Secara umum, spc mempunyai harga sedikit lebih tinggi daripada lantai vinyl. Tentunya hal ini merupakan kewajaran jika ditinjau dari beberapa kelebihan yang dimiliki spc.

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan lantai vinyl dan spc dari setiap hal. Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…