Ini Alasan Mengapa Septic Tank Bisa Meledak dan Cara Mencegahnya

ERA.idSeptic tank merupakan tempat atau ruang untuk menampung limbah toilet rumah, seperti tinja dan air seni. Dalam beberapa kejadian, septic tank meledak secara tiba-tiba. Mengapa septic tank bisa meledak?

Tentu saja pemilik rumah perlu hati-hati dengan hal ini karena bisa membahayakan keselamatan. Demi mencegah septic tank meledak, pemilik rumah harus mendesain septic tank dengan baik sejak pembangunan. Untuk informasi lebih lengkap, simak penjelasan berikut yang dikutip Era.id dari akun Instagram @gravelindonesia.

Mengapa Septic Tank Bisa Meledak

Biasanya, bentuk septic tank berupa bak besar yang dikubur di dalam tanah di area luar rumah. Namun, kadang bagian atas septic tank difungsikan untuk garasi karena keterbatasan lahan sehingga septic tank tertutup secara menyeluruh.

Ilustrasi pembuatan septic tank (antaranews)

Perlu dicatat, hal tersebut berisiko menyebabkan septic tank meledak. Penyebab septic tank bisa meledak adalah penumpukan gas dari proses penguraian kotoran oleh bakteri yang tidak bisa keluar dari bak penampungan tersebut. Gas yang dihasilkan dari penguraian kotoran adalah metana, yaitu salah satu gas yang mudah terbakar.

Gas metana yang tertumpuk bisa memuai saat terkena panas. Lama kelamaan tekanan dari gas tersebut menjebol dinding septic tank. Tekanan yang kuat bisa membuat septic tank meledak.

Mencegah Septic Tank Meledak

Demi mencegah septic tank meledak, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Berikut adalah rinciannya:

· Saluran udara

Buatlah saluran udara untuk septic tank. Fungsi dari saluran udara adalah membuang kelebihan tekanan udara yang ada di dalam septic tank. Biasanya saluran udara septic tank berupa pipa PVC (polyvinyl chloride).

Pemasangannya mencuat keluar dari bawah (septic tank) menuju ke atas (udara terbuka). Jangan sampai bagian pembuangan ini terhalang sesuatu agar gas dari septic tank bisa keluar dengan baik.

· Septic tank kokoh

Ada beberapa material yang bisa digunakan untuk membuat septic tank, seperti beton atau biotank dari fiberglass. Satu hal yang perlu diperhatikan, gunakan material yang kuat menahan tekanan tanah di sekitar septic tank.