Cegah Antraks, Kemenkes Bakal Rapat Bareng Kementan Bahas Vaksinasi Hewan

ERA.id - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian (Kementan) terkait dengan pencegahan penyakit antraks pada hewan ternak.

Menurutnya, dalam waktu dekat pihaknya bakal menggelar rapat dengan Kementan, khusus untuk membahas rencana vaksinasi hewan.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian, karena ini hewan ini kan di luar tupoksinya kita," kata Budi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/7/2023).

"Hewan-hewan itu perlu, sama seperti penyakit menular, perlu divaksinasi. Kita akan meeting, saya nanti dengan Kementerian Pertanian agar hewan itu bisa divaksinasi," lanjutnya.

Sementara terkait dengan orang yang terpapar antraks, Budi mengatakan, Kemenkes bakal memberikan obat-obatan antibiotik khusus.

"Untuk orang, kalau sudah terkena itu bisa dikasih antibiotik tertentu agar supaya membunuh bakteri-bakteri. Nah, ini memang salah satu contoh bagaimana kesehatan itu berhubungan antara manusia dengan hewan," ucapnya.

Penyakit antraks menjadi sorotan setelah adanya kasus masyarakat di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta terjangkit antraks.

Awal penyebabnya karena sejumlah warga nekat memakan hewan ternak yang sudah dikubur akibat terserang antraks.