6 Tips Mengembangkan Bisnis Online dan Maksimalkan Potensi Penjualan di Era Digital

ERA.id - Di era digital saat ini, pelaku usaha perlu memanfaatkan teknologi untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan. Sejalan dengan adanya perkembangan ekonomi digital, penguatan kewirausahaan, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta koperasi juga menjadi salah satu target dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Oleh karena itu, penting untuk menggali jiwa wirausaha sejak dini untuk mendorong perekonomian Indonesia di masa depan serta menjadikan bangsa Indonesia yang merdeka dan berdikari, dengan menitikberatkan pada kekuatan wirausaha yang tercipta. 

Guru memainkan peran penting sebagai penggerak dan fasilitator siswa dalam mengembangkan jiwa wirausaha muda, serta sebagai agen perubahan dalam mempersiapkan pelajar agar tangguh dan berdaya saing menghadapi era digital. 

Sebagai salah satu eCommerce di Indonesia, Lazada membuka peluang ekonomi yang sangat besar di dalam ekosistem ekonomi digitalnya dan terbuka bagi siapa pun yang mau berusaha.

Meski demikian, ketatnya persaingan dalam bisnis online mengharuskan para wirausaha digital untuk memahami berbagai cara memasarkan produknya melalui eCommerce secara optimal. Yuk simak tips dari trainer Lazada University berikut kalau mau kembangkan bisnis dan dapatkan cuan lebih di eCommerce!

1. Menampilkan produk semenarik mungkin

Foto produk merupakan hal pertama yang dilihat oleh calon pembeli, namun sering kali diremehkan oleh penjual. Usahakan tampilan etalase produk Anda eye-catching dengan menyajikan foto dan deskripsi produk yang jelas dan rinci. Selain itu, pastikan deskripsi dan foto produk tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga mampu menggambarkan fungsi, keunggulan, dan kualitas produk tersebut dengan jelas.

2. Perluas wawasan tentang meningkatkan trafik penjualan di eCommerce

Gunakan judul yang sesuai, menarik, serta mengandung kata kunci (keyword) yang sering dipakai calon pembeli ketika mencari produk terkait. Lengkapi judul dengan merek dan/ nama toko, kata kunci kategori, tipe/ seri/ variasi, serta atribut utama dan detail produk lainnya pada kolom deskripsi produk. Tampilkan foto produk semenarik mungkin, salah satunya dengan menambahkan keunggulan di foto produk, serta gunakan ‘harga coret’ dalam etalase produk yang menunjukkan produk toko Anda sedang promo.

Selain itu, Anda dapat meningkatkan trafik toko Anda dengan rutin mengunggah ‘feed’ di eCommerce. Lazada memiliki fitur ‘feed’, di mana produk yang Anda unggah dan tawarkan dapat dilihat berjuta pasang mata pelanggan yang sedang mencari produk Anda. Lalu, Anda juga dapat menunjukkan berbagai promo yang ditawarkan di toko melalui akun media sosial. Jangan lupa sertakan tautan untuk memudahkan pengikut untuk dapat mengakses toko dan produk.

3. Tingkatkan ulasan positif untuk toko dan produk Anda dengan memberikan pengalaman belanja terbaik kepada pembeli

Ulasan positif atas toko dan produk Anda bisa meningkatkan kepercayaan calon pembeli untuk pada akhirnya berbelanja di toko Anda. Kualitas produk yang baik, harga yang kompetitif serta layanan terbaik akan mendorong pembeli untuk memberikan ulasan dan penilaian positif terhadap produk dan toko Anda. 

Kirimkan pengingat kepada pembeli melalui chat untuk memberikan ulasan. Pemberian voucher diskon, gratis ongkir, serta paket best deals untuk pembelian berikutnya juga dapat menjadi salah satu cara mendorong pelanggan untuk memberikan ulasan tentang produk dan layanan toko Anda.

4. Manfaatkan fitur livestreaming untuk melibatkan pelanggan lebih dekat

Fitur livestreaming dapat dimanfaatkan penjual untuk mempromosikan produk secara lebih interaktif. Tak hanya membantu memperkuat hubungan antar penjual dan calon pembeli, fitur livestreaming LazLive di Lazada bisa membantu penjualan lebih laris karena calon pembeli bisa bertanya seputar produk yang mereka inginkan secara langsung sembari menyaksikan live yang terkadang juga menampilkan try-on produk. Jika Anda ingin memperkenalkan produk baru atau ingin memeriahkan festival belanja online, fitur ini akan sangat berguna untuk menjangkau calon pembeli yang tepat dan potensial.

5. Perluas pasar dan tambah penjualan melalui program affiliate

Program Lazada Affiliate memberikan kesempatan kepada individu, termasuk penjual online, untuk mendapatkan komisi dari hasil penjualan melalui link yang disebar di media sosial ataupun aplikasi pesan singkat.  Dengan menyebarkan link yang langsung mengarah pada produk atau toko Anda, peluang Anda mendapatkan penjualan dari link tersebut akan lebih tinggi, terutama bila Anda menyebarkan link tersebut di sebuah komunitas yang sesuai dengan target pasar. Cuan berlipat akan Anda dapatkan, dari penjualan produk dan dari komisi dari setiap transaksi yang terjadi dengan link tersebut.

6. Jangan berhenti untuk terus belajar dan berusaha

Berbisnis online jelas bukan hal yang mudah, apalagi untuk wirausaha muda. Diperlukan proses belajar yang terus menerus, baik untuk meningkatkan pemahaman teknis terkait dengan penggunaan fitur-fitur di platform eCommerce maupun untuk mengembangkan keterampilan terkait kewirausahaan digital lainnya. Untuk memfasilitasi para penjual dalam mengembangkan usahanya, program pelatihan Lazada University tersedia untuk semua penjual di Lazada dengan ribuan materi yang mudah diakses oleh penjual melalui tautan ini.