Manfaat Kolagen untuk Pria yang Wajib Diketahui

ERA.id - Orang dewasa pada umumnya dapat merasakan manfaat dari suplemen kolagen. Tidak terbatas pada usia atau jenis kelamin sebab konsumsi kolagen dapat ditoleransi dengan sangat baik, disertai dengan peringatan minimal, dan menawarkan beberapa manfaat. Lantas apa saja manfaat kolagen untuk pria?

Bagi orang dewasa yang sehat, setidaknya membutuhkan 1 gram protein per kilogram berat badan per hari untuk memelihara massa otot.

Dari sana, kebutuhan protein akan meningkat berdasarkan tingkat aktivitas: Untuk orang dewasa yang sangat aktif, membutuhkan konsumsi 1 hingga 1,5 gram protein per kilogram berat badan per hari.

Suplemen kolagen dapat membantu Anda menerima asupan protein harian, sebab dapat bermanfaat sebagai sumber pelengkap asam amino.

Manfaat kolagen untuk pria

Saat Anda mengonsumsi peptida, tubuh Anda akan menyerap dan mendistribusikan asam amino ke tempat yang membutuhkan.

Adapun manfaat kolagen untuk pria dapat dirasakan pada beberapa bagian:

Rambut

Penipisan rambut merupakan fase yang banyak dialami pria, dan salah satu cara Anda membantu menutrisi rambut sehat secara alami adalah dengan memenuhi kebutuhan tubuh seperti keratin, dan protein yang membentuk rambut.

Asam amino utama dalam keratin adalah prolin yang mudah ditemukan pada banyak suplemen kolagen.

Ilustrasi kolagen untuk kesuburan rambut pria (Pixabay)

Kulit

Tentunya banyak yang beranggapan dan menjadi persepsi umum bahwa pria tidak peduli dengan penampilan dan kulit mereka seiring bertambahnya usia.

Suplemen kolagen dapat memberikan nutrisi pada kulit dalam berbagai cara, dari tingkat kekencangan hingga hidrasi.

Sebagai contoh, satu penelitian menyimpulkan bahwa mereka mampu mendukung elastisitas kulit dan kepadatan kulit.

Uji klinis lainnya menemukan bahwa tingkat kelembapan kulit partisipan tujuh kali lebih tinggi daripada mereka yang tidak mengonsumsi suplemen kolagen.

Kesehatan usus

Meskipun ini merupakan bidang studi yang masih baru untuk suplemen kolagen, penelitian telah menemukan bahwa kadar jenis kolagen tertentu lebih rendah pada individu yang memiliki masalah pencernaan.

Dan sebagian besar manfaatnya dikarenakan susunan asam amino spesifik peptida kolagen. Misalnya, penelitian telah menemukan bahwa salah satu asam amino utama dalam kolagen, L-glutamat, mendukung usus dengan menetralkan stres oksidatif dan bertindak sebagai sumber bahan bakar utama untuk sel-sel di usus.

Sendi

Kolagen tipe II adalah komponen struktural umum dari sendi kita. Satu uji klinis acak menyimpulkan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen kolagen tipe II selama 180 hari akan mengalami peningkatan fungsi fisik dan membantu meningkatkan mobilitas dan kenyamanan sendi.

Massa otot

Secara teknis, kolagen bukanlah protein yang lengkap, dengan kata lain tidak mengandung sembilan asam amino esensial (memiliki delapan di antaranya), tetapi kolagen masih memberikan banyak asam amino yang dapat berkontribusi pada massa otot, jika dikonsumsi sebagai bagian dari protein yang kuat.

Hal ini terutama jika dikombinasikan dengan rutinitas kebugaran yang tepat. Dalam satu studi klinis kecil, pria yang mengonsumsi 15 gram kolagen setiap hari saat melakukan olahraga memperoleh lebih banyak massa otot daripada mereka yang hanya menyelesaikan program olahraga.

Demikianlah ulasan tentang manfaat kolagen untuk pria, semoga bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…