iPhone 15 Dirilis, Produk Apple Ini Bakal Setop Produksi, Salah Satunya iPhone 14 Pro

ERA.id - Kabar mengejutkan datang usai Apple meluncurkan ponsel keluaran terbarunya. Ada beberapa produk Apple yang dimatikan setelah iPhone 15 rilis. Berita ini pun membuat para penggemar iPhone bertanya-tanya dan melakukan pertimbangan saat akan membeli ponsel incarannya. 

Apple bakal menghentikan produksi empat model iPhone dari toko onlinenya, dilansir dari standard.co.uk. Alasan Apple mematikan sejumlah seri iPhone karena permintaannya yang rendah dan tidak sesuai perusahaan. Lantas apa saja produk Apple yang di-discontinue setelah rilisnya iPhone 15?

Produk Apple yang Dimatikan setelah iphone 15 Rilis

Pada bulan September tahun 2023, Apple meluncurkan beberapa produk mulai dari ponsel, smartwatch, dan AirPods. Produk ponsel terbaru yang dihadirkan oleh Apple, yaitu iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max. Selain itu, Apple juga memasarkan Apple Watch Series 9, Apple Watch Ultra 2, dan AirPods Pro dengan port USB-C.

iPhone mini (Unsplash)

Di balik banyaknya produk-produk menawan yang ditawarkan Apple, ada beberapa produk yang dimatikan. Berikut ini beberapa produk Apple yang dihentikan penjualannya pasca perilisan iPhone 15:

iPhone Mini

Apple mengenalkan produk iPhone berukuran mini pertama kalinya pada tahun 2020. Ponsel model baru ini dihadirkan dalam seri iPhone 12 mini. Setahun berselang, Apple meluncurkan generasi penerusnya yaitu iPhone 13 mini.

Namun saat perilisan iPhone 14 series, Apple tidak melanjutkan produksi varian mini dan menggantikannya dengan iPhone 14 Plus. Sampai acara peluncuran iPhone 15,  iPhone 13 mini masih dijual Apple. Namun kini iPhone 13 mini tidak lagi dijual dan sepertinya tidak akan memiliki penerus.

Selain iPhone 13 mini, dikabarkan Apple juga menghentikan produksi dan penjualan iPhone 14 Pro, iPhone 14 Pro Max, dan iPhone 12 dari lini ponsel yang mereka pasarkan setelah hadirnya iPhone 15 series.

Port Lightning dan Aksesorisnya

Munculnya iPhone 15 series menyuguhkan kejutan dari segi fitur, yaitu digantikannya port Lightning menjadi USB-C. Setelah lebih dari satu dekade, Apple akhirnya memutuskan untuk mengikut produsen ponsel lainnya yang menggunakan USB-C. 

Penerapan port USB C di iPhone dilakukan menyesuaikan dengan aturan baru Uni Eropa. Bersamaan dengan pergantian port tersebut, Apple juga akan mematikan sejumlah aksesoris yang menggunakan port Lightning. Salah satunya adalah MagSafe Battery Pack dan MagSafe Duo Charger yang pertama kali dirilis bersama iPhone 12.

AirPods dengan Port Lightning

Penggantian port Lightning ke USB-C tidak hanya diterapkan pada iPhone 15 series. Perubahan ini juga diberlakukan pada AirPods Pro generasi dua, yang hadir dengan charging case yang menggunakan port USB-C.

AirPods 2 tidak hanya menawarkan penggunaan konektor baru. Produk keluaran terbaru ini juga membawa dua peningkatan, yaitu ketahanan casing yang diupgrade menjadi IP54 dan dukungan audio lossless.

Aksesoris Kulit

Apple juga memprioritaskan sustainability atau keberlanjutan pada event peluncuran iPhone 15 kemarin. Apple pun menghentikan produksi aksesoris dari bahan kulit, sebagai salah satu langkah yang dijalankan untuk menjadi perusahaan yang lebih ramah lingkungan.

Apple menyampaikan tidak memproduksi aksesoris baru yang terbuat dari bahan kulit. Sementara aksesoris bahan kulit yang masih ada akan dihilangkan perlahan. Sebagai gantinya, Apple mengeluarkan lini casing iPhone dan tali Apple Watch menggunakan bahan baru yang disebut FineWoven.

Demikianlah ulasan mengenai produk Apple yang dimatikan setelah iPhone 15 rilis. Selain menghentikan produksi dan penjualan beberapa produk tersebut, Apple juga menghilangkan fitur tombol mute. Pada iPhone 15 pro dan iPhone 15 Pro Max tombol mute diganti dengan ‘action button’. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…