Prabowo Bela Zulkifli Hasan yang Bagi-bagi Uang Rp50 Ribu ke Masyarakat: Dia Orang yang Suka Sedekah

ERA.id - Bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto membela Ketua Umum (Ketum) PAN, Zulkifli Hasan yang membagi-bagi uang Rp50 ribu kepada para nelayan.

Hal itu diungkapkan Ketum Partai Gerindra saat ditanya Najwa Shihab dalam acara 3 Bacapres Bicara Gagasan di Kampus UGM Yogyakarta, Selasa (19/9/2023).

"Ya tapi Pak Zulkifli tidak nyapres, tidak nyagub (calon gubernur), tidak nyaleg, tidak nyabup. Dia tidak mau jadi kepala desa pun. Jadi dia orang yang suka sedekah," kata Prabowo di acara 3 Bacapres Bicara Gagasan, dilihat di YouTube Universitas Gadjah Mada, Selasa (19/9/2023).

Prabowo mengaku kenal dengan Zulkifli Hasan. Menteri Pertahanan (Menhan) ini bercerita Zulkifli pernah membangun sekolah di kawasan Lampung dengan uangnya sendiri.

"Dan dia sekali lagi, tidak nyaleg, tidak nyagub, tidak nyabup, tidak menjadi wali kota, tidak mau jadi presiden. Wakil presiden boleh," ucapnya.

Prabowo menegaskan dirinya menolak politik uang. Namun dia mengakui banyak orang yang memakai cara itu untuk mendapat suara.

Menurutnya, politik uang sama dengan menyogok. Meski begitu, dia mengakui masih banyak masyarakat yang hidupnya sulit.

"Tapi kalau banyak rakyat kita yang sangat sulit hidupnya, ya kan, yang penting dia tidak terpengaruh (ketika mengambil uang), jangan dia (rakyat) terpengaruh. Itu akan patah (bila rakyat ambil uang tapi tak memilih si pemberi uang), bener nggak?," ujar Prabowo.

"(Soal Zulkifli yang bagi uang) saya katakan, terima uangnya ikuti hatimu. Kalau hatimu tidak suka PAN, jangan pilih. Ikuti hatimu, ikuti hati nuranimu," tambah Prabowo.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menanggapi video viral Zulkifli Hasan yang membagikan Rp50 ribu ke masyarakat. Ia menegaskan hal itu tak ada kaitannya dengan kampanye PAN.

"Tidak ada narasi untuk memilih atau mencoblos PAN. Makanya tidak tepat jika dikatakan menjurus ke politik uang," kata Viva dalam keterangannya, Rabu (13/9).

Menurutnya, Zulhas sapaan akrabnya memang memiliki kebiasaan untuk bersedekah di tempat umum. Misalnya, di pasar, pelabuhan, kantor, lapangan olah raga, masjid, dan di setiap waktu dan kegiatan.

"Kebiasaan Bang Zulkifli Hasan membagi uang untuk sedekah adalah memang menjadi karakternya sebagai seorang yang dermawan, sesuai tuntunan agama. Menjadi seorang dermawan adalah sikap dan perilaku yang baik," katanya.