Kronologi Ledakan di RS Eka Hospital Serpong: Dari Overheating hingga Dugaan Sabotase

ERA.id - Kabar mengenai ledakan yang terjadi di ruang radiologi RS Eka Hospital BSD, Serpong, Tangerang Selatan, menjadi perhatian warganet. Bagaimana kronologi ledakan di RS Eka Hospital Serpong tersebut?

Perlu diketahui, efek dari ledakan sempat mengakibatkan percikan api yang berhasil segera dipadamkan oleh petugas keamanan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Meskipun sudah dikonfirmasi oleh Kanit Reskrim Polsek Serpong, Iptu Dovie Eudy, penyebab ledakan di RS Eka Hospital masih dalam tahap penyelidikan.

RS eka hospital (Era)

Kronologi Ledakan di RS Eka Hospital Serpong

  1. Terjadi Pagi Hari

Ledakan terjadi pada pagi hari 21 September 2023. Diketahui sebuah ledakan terdengar di RS Eka Hospital. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 05.00 WIB. Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam insiden ledakan tersebut.

  1. Akibat DPS Kepanasan

Kanit Reskrim Polsek Serpong, Iptu Dovie Eudy, menjelaskan bahwa ledakan yang terjadi di RS Eka Hospital BSD, Serpong, Tangerang Selatan, disebabkan oleh alat DPS penyuplai listrik MRI yang mengalami overheating.

  1. Pemicu Ledakan

Situasi ini kemudian menyebabkan timbulnya percikan api yang berujung pada ledakan. Menurutnya, peristiwa tersebut telah merusak satu ruangan di RS tersebut, khususnya ruang radiologi.

  1. Berhasil Dipadamkan dengan Cepat

Ketika tim ahli tiba di lokasi kejadian, api sudah berhasil dipadamkan oleh karyawan rumah sakit yang bersikap cepat dan sigap. Mereka menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan air untuk memadamkan api tersebut.

  1. Diselidiki Polisi

Saat ini, pihak berwenang masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk memastikan apakah ada unsur sabotase atau keterlibatan bahan kimia berbahaya dalam insiden ini.

  1. Tidak Ada Korban Jiwa

Meskipun peristiwa ini tidak menimbulkan korban jiwa dan pasien telah dievakuasi dengan aman, upaya terus dilakukan untuk memastikan keamanan di lokasi kejadian.

  1. Pemeriksaan Terhadap Bahan Kimia

Iptu Dovie Eudy menyatakan bahwa situasi saat ini telah aman dan kondusif. Pihak kepolisian masih aktif dalam melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) sekaligus mengamankan bahan-bahan kimia yang dianggap berpotensi berbahaya.

"Langkah yang dilakukan saat ini masih seputar pemeriksaan dan olah TKP. Kami terus memastikan keselamatan bahan kimia yang ada di dalamnya," ujarnya.

  1. Tanggapan Manajemen Rumah Sakit

Manajemen rumah sakit saat ini sedang menunggu hasil dari penyelidikan yang dilakukan oleh kepolisian untuk mengetahui penyebab dan kronologi pasti dari ledakan tersebut.

Ketika dihubungi, Humas RS Eka Hospital BSD, Christian Ariyanto, menyatakan bahwa penanganan masalah ini sepenuhnya dalam kewenangan polisi.

Manajemen rumah sakit juga belum dapat memastikan penyebab ledakan di ruang radiologi RS Eka Hospital karena proses investigasi kepolisian masih berlangsung.

Selain kronologi ledakan di RS eka hospital serpong, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…