Profil Muhammad Sejahtera Jadi Sorotan Karena Berhasil Bawa Pulang Medali Emas di Asian Games 2023

ERA.id - Profil Muhammad Sejahtera Dwi Putra jadi perhatian banyak orang setelah berhasil membawa pulang medali emas pada cabang olahraga (cabor) menembak.

Medali yang diboyong Muhammad Sejahtera merupakan medali emas pertama untuk Indonesia di ajang Asian Games 2023 di Fuyang Yinhu Sports Centre, Hangzhou, China.

Muhammad Sejahtera meraih medali emas setelah dirinya berhasil mencetak skor dengan total 578 poin, dengan rata-rata poin 9,633, pada nomor 10 meter running target, Senin (25/9/2023).

Kesuksesan Tera, demikian ia disapa, dalam meraih medali emas pertama bagi Indonesia mengundang pujian dari Raja Sapta selaku Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia).

"Kami sangat bersyukur dengan persembahan emas pertama yang diberikan oleh menembak, tak hanya menjadi yang pertama di Asian Games Hangzhou, tetapi juga menjadi yang pertama di sepanjang keikutsertaan Indonesia di Asian Games," kata Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari.

"Selamat kepada atlet Tim Indonesia, Sejahtera Dwi Putra serta Ketua Umum PB Perbakin Joni Supriyanto, yang sangat concern terhadap pembinaan di cabor menembak sehingga kini Indonesia bisa mendapat hasil membanggakan ini," lanjutnya.

Dalam pertandingan tersebut, Tera berhasil mengungguli penembak Vietnam, Huu Vong Ngo yang meraih medali perak, dan Jeong Y asal Korea Selatan pada posisi ketiga.

Pencapaian yang didapatkan oleh Tera merupakan raihan medali kelima bagi Indonesia. Pada saat ini Indonesia sudah mengantongi satu emas, satu perak, dan empat perunggu.

Perolehan medali perunggu diraih oleh 10m Running Target Team putra yang diwakili oleh Muhammad Sejahtera Dwi Putra/Julio Irfandi/Muhammad Badri Akbar dengan raihan skor 1667-33x.

Muhammad Sejahtera. (Foto: Twitter/@Kemenpora)

Profil Muhammad Sejahtera

Muhammad Sejahtera Dwi Putra adalah penembak muda yang berasal dari Kota Bekasi, Jawa Barat. Lahir di Jakarta, 13 April 1997, saat ini dirinya berusia 26 tahun. Setelah lahir di Jakarta, kemudian ia tinggal di daerah Bekasi Timur, Kota Bekasi.

Muhammad Sejahtera Dwi Putra adalah anak kedua dari pasangan suami-isteri Andrizal dan Bethmiyati.  Ayahnya merupakan seorang pegawai negeri sipil (PNS) di Kementerian Pertanian, dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga.

Tera mulai diperkenalkan olahraga menembak sejak dirinya berusia 17 tahun, saat mulai menjalani perkuliahan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada tahun 2014.

Di UNJ, ia mengambil jurusan olahraga dan setiap mahasiswa diharuskan memilih cabang olahraga untuk ditekuni. Walaupun demikian, olahraga menembak sebenarnya bukan sebagai pilihan utamanya.

Ia sendiri mengaku lebih memiliki ketertarikan pada olahraga sepak bola, futsal, dan bulutangkis. Tera mulai bersentuhan dengan olahraga menembak pada semester pertama di UNJ ketika sedang ada penjaringan atlet untuk Pekan Olahraga Nasional (PON).

Pada saat itulah, dirinya bertemu dengan Masruri, mantan atlet menembak yang saat ini menjadi pelatihnya.

Pada Awalnya Tidak Menyukai Olahraga Menembak

Di balik prestasi membanggakan yang didapatkan oleh Muhammad Sejahtera Dwi Putra, ternyata pada mulanya ia tidak menyukai olahraga menembak. Ia mengaku terjun ke dunia menembak secara tidak sengaja.

”Pada 2014 atau ketika pertama kali masuk kuliah, ada pencarian atlet menembak, terutama nomor 10 meter running target. Saya coba ikut. Namun, setelah itu, saya tidak terlalu tertarik. Tapi, Pak Masruri (pelatih 10 meter running target) terus membujuk saya latihan lagi," kata Tera.

Karena sang pelatih tidak menyerah untuk membujuknya melalui pesan singkat, telepon, serta upayanya pada pertemuan langsung, pria berusia 26 tahun ini pun luluh.

"Saya akhirnya menggeluti olahraga ini,” lanjutnya.

Hasil latihan terus menerus yang dijalani Putra pun membuahkan hasil yang membanggakan. Pada saat ini, namanya tercatat dalam tinta emas olahraga nasional sebagai salah satu atlet peraih medali di Asian Games, sebuah ajang pesta olahraga terbesar di Asia.

Demikianlah ulasan tentang profil Muhammad Sejahtera, atlet peraih medali di Asian Games cabang olahraga menembak.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…