Polda Metro Akan Jadwalkan Panggil Firli Bahuri untuk Diperiksa Soal Pimpinan KPK Peras SYL

ERA.id - Polda Metro Jaya menyebut pihaknya akan menjadwalkan memanggil Ketua KPK, Firli Bahuri untuk diperiksa terkait kasus pimpinan KPK diduga memeras mantan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo.

"Nanti akan kita jadwalkan (pemeriksaan ke Firli)," kata Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (13/10/2023).

Saat disinggung apakah Firli akan dipanggil pada Senin (16/10/2023) depan, Ade kembali menyebut pihaknya masih menjadwalkan untuk memanggil Ketua KPK.

Perwira menengah Polri ini hanya menerangkan pada hari ini aide de camp (ADC) atau ajudan Firli Bahuri, Kevin Egannanta Joshua datang ke Polda Metro Jaya untuk diperiksa terkait kasus pimpinan KPK diduga memeras Syahrul Yasin Limpo.

Diketahui, Kevin sendiri tiba di Polda Metro Jaya sekira pukul 11.15 WIB tadi. Dia membawa sebuah map dan tas.

Ajudan Firli ini menyebut dirinya tidak mendapat arahan khusus dari Ketua KPK dalam pemeriksaan yang akan dijalaninya.

"Nggak ada arahan apa-apa. Saya jawab aja," kata Kevin di Polda Metro Jaya.

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri, Irjen Sandi Nugroho menyampaikan kasus pimpinan KPK diduga memeras Syahrul Yasin Limpo masih ditangani Polda Metro Jaya atau tidak ditarik ke Bareskrim Polri.

Namun meski ditangani Polda Metro Jaya, Dittipikor Bareskrim Polri memberikan atensi dalam pengusutan perkara tersebut.

"Saat ini memang sudah diasistensi oleh Bareskrim polri oleh Direktorat Korupsi (Dittipikor) dan secara aktif sejak awal mulai penyelidikan hingga penyidikan hari ini terus berkomunikasi dengan tim asistensi dari Bareskrim Polri," kata Sandi kepada wartawan, hari ini.

Sandi menerangkan asistensi ini diberikan agar pengusutan perkara dugaan pemerasan tersebut bisa dilakukan dengan teliti, hati-hati, dan profesional.