Istilah Beasiswa Luar Negeri yang Harus Anda Ketahui, Simak!

ERA.id - Tentu banyak orang yang bercita-cita untuk melanjutkan studi di luar negeri. Bisa jadi Anda adalah salah satunya. Oleh karena itu, agar Anda tidak mengalami permasalahan pada saat proses mendaftar beasiswa, Anda harus memahami istilah beasiswa luar negeri terlebih dahulu. Apa saja istilah-istilah tersebut? Simak di bawah ini.

Ilustrasi (Foto: Dok. LPDP)

Istilah Beasiswa Luar Negeri

College dan University

College dan universitas (university) mempunyai makna yang berbeda. College adalah program studi jenjang diploma dengan periode 2-3 tahun, jika di Indonesia setara dengan sekolah tinggi.

Adapun university atau universitas adalah perguruan tinggi yang membuka program studi lanjutan setelah college, baik di tingkat S1, S2 ataupun S3.

Degree

Dalam bahasa Indonesia, Degree memiliki arti gelar. Jenis degree yang didapatkan oleh pelajar juga disesuaikan dengan jenis pendidikan yang diambil. Ada 3 jenis degree yang dapat diperoleh setelah merampungkan pendidikan tinggi di luar negeri, antara lain:

  • Associate Degree: setara dengan gelar Diploma di Indonesia
  • Bachelor Degree: setara dengan gelar Sarjana di Indonesia atau lulusan
  • Master Degree: setara dengan gelar Master di Indonesia atau lulusan jenjang S2
  • Doctoral Degree: setara dengan gelar Doktor di Indonesia atau lulusan jenjang S3

Double Degree

Double Degree merupakan dua gelar berbeda yang didapatkan pada saat yang bersamaan. Contohnya, Anda mengambil Jurusan Psikologi dan sekaligus mengambil jurusan lain. Baik dalam satu kampus ataupun berbeda kampus.

Undergraduate

Undergraduate memiliki arti sebagai jenjang pendidikan setara S1 pada instansi pendidikan di luar negeri. Undergraduate program berarti program studi pada jenjang S1. Istilah ini tentunya wajib diketahui calon mahasiswa yang berniat kuliah di luar negeri.

Postgraduate Coursework

Istilah ini merujuk pada studi di jenjang S2 yang memanfaatkan metode pembelajaran serupa dengan jenjang S1.

Biasanya program ini tidak mewajibkan mahasiswa untuk menyusun tesis sebagai syarat kelulusan. Walaupun beberapa program postgraduate coursework tetap meminta mahasiswa menyusun minor thesis di akhir perkuliahan.

Postgraduate Research

Postgraduate research merupakan program studi yang mewajibkan mahasiswa untuk menjalankan riset mandiri mengenai bidang studi yang menjadi spesialisasi di bawah pengawasan supervisor dan universitas.

Post-Doctoral Research

Post-doctoral research merupakan riset lanjutan yang dijalankan jenjang S3. Hal ini juga menjadi salah satu istilah yang berhubungan dengan Beasiswa Kuliah ke luar negeri.

Pathway Program atau Foundation Program

Pathway program atau foundation program adalah program persiapan 1 tahun bagi mahasiswa asing untuk adaptasi kurikulum, bahasa dan metode belajar di luar negeri.

Self-Funded

Self-funded berarti semua biaya yang dibutuhkan selama proses studi, baik biaya kuliah ataupun biaya hidup sehari-hari menjadi tanggungan pribadi.

Fully Funded Scholarship

Istilah tentang Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri yang terakhir yaitu Fully funded berarti seluruh biaya kuliah ataupun biaya hidup sehari-hari menjadi tanggungan penyelenggara beasiswa.

Supervisor

Supervisor atau supervising professor merupakan profesor yang bertugas untuk menjadi mentor, memberikan dukungan dan panduan selama proses riset berjalan serta mengawasi proses riset dan perkembangan penyusunan tesis mahasiswa secara menyeluruh.

Letter of Acceptance (LoA)

Letter of Acceptance (LoA) merupakan surat dari perguruan tinggi di luar negeri yang menyatakan bahwa pelajar sudah diterima secara resmi sebagai salah satu mahasiswa pada perguruan tinggi tersebut. LoA pada umumnya menjadi syarat utama untuk melamar beasiswa atau student visa. Terdapat 2 jenis LoA, antara lain LoA conditional dan LoA unconditional, berikut perbedaan keduanya:

  • LoA conditional: surat dari perguruan tinggi yang menyatakan bahwa pelajar akan diterima di perguruan tinggi jika syarat-syarat tertentu yang disebutkan dalam surat terpenuhi.
  • LoA Unconditional: surat dari perguruan tinggi yang menyatakan bahwa pelajar sudah resmi diterima tanpa syarat lain yang harus dipenuhi

Demikianlah Istilah Beasiswa Luar Negeri yang wajib Anda ketahui dan pahami agar proses pendaftaran berjalan lancar.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…