Cantik dan Inspiratif, Kisah Dian Sastro Dirikan Yayasan Program Beasiswa untuk Anak Kurang Mampu

| 23 Aug 2023 08:15
Cantik dan Inspiratif, Kisah Dian Sastro Dirikan Yayasan Program Beasiswa untuk Anak Kurang Mampu
Dian Sastro (Foto: Era.id/Adelia)

ERA.id - Dian Sastrowardoyo dianggap menjadi salah satu aktris perempuan yang dikagumi oleh masyarakat Indonesia. Selain cantik dan inspiratif, istri Maulana Indraguna Sutowo ini rupanya mendirikan yayasan yang memberikan beasiswa bagi anak kurang mampu. 

Ibu anak dua ini sudah mendirikan Yayasan sosial miliknya yang dinamakan Yayasan Dian Sastrowardoyo. Ia sudah mendirikan Yayasan Dian Sastrowardoyo selama 14 tahun. Dian Sastro mencerikan kisahnya menjadi pendiri Yayasan tersebut.

"Yayasan saya yang sudah bentuk sejak 2009 didirikan oleh saya. Kita berkontribusi aktif mendorong pemberdayaan perempuan, pendidikan, pelestarian, dan perbudayaan di Indonesia," ujar Dian Sastro, saat ditemui di Jl. M.H Thamrin, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat pada Selasa (22/8/2023).

Dian Sastro (Foto: Era.id/Adelia)
Dian Sastro (Foto: Era.id/Adelia)

Bintang film AADC ini ungkap masih ada 22% perempuan yang bekerja di sektor teknologi. Dian Sastro tantangan perempuan untuk berkembang adalah stigma, representasi, infrastruktur, relevansi konten, kepercayaan diri, kesenjangan keterampilan, kemampuan finansial hingga literasi digital.

"Ini bukan angka fantastis, ini angka terendah di Asia Tenggara," bebernya.

Perempuan berusia 41 tahun ingin anak-anak perempuan di Indonesia bisa menempuh pendidikan setinggi mungkin. Maka dari itu, ia membangun Yayasan Dian Sastrowardoyo untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

"Rata-rata anak-anak ekonomi rendah tertantang finansial. Ada bapaknya korban begal, nggak kerja. Dia sekarang nggak bisa kerja dan mempengaruhi keuangan," paparnya.

Dian Sastro merasa miris melihat anak perempuan yang tidak didukung pendidikan. Ia melihat banyak anak perempuan setelah lulus SMA memilih bekerja sebagai kasir demi membiayai kebutuhan keluarga. 

"Banyak anak lulus SMA pengen cepat-cepat jadi kasir toko, kios-kios, supermarket. Karena dapat cash dan langsung kasih setiap bulan ke ibu bapaknya," imbuhnya.

Dian Sastro (Foto: Era.id/Adelia)
Dian Sastro (Foto: Era.id/Adelia)

"Harusnya dia bisa mencoba lain karena banyak mata pencarian, nggak hanya kasir, guru, pemerintah daerah, masih banyak sekali pekerjaan di industri Indonesia," lanjutnya.

Dian Sastro memberikan beasiswa terbuka kepada para perempuan yang baru lulus SMA secara terbuka. Menurutnya, para perempuan harus bisa menggapai cita-citanya dan finansial yang kurang mampu bukan menjadi penghambat.

"Saya kasih beasiswa langsung secara terbuka. Itu buat dia dan gapai cita-cita setinggi mungkin. (Lulusan anak beasiswa) sudah ada yang menjadi manajer startup, bahkan diskusi bahasa Inggris dengan saya," tambahnya.

Beasiswa Dian Sastro merupakan program beasiswa yang diberikan oleh Yayasan Dian Sastrowardoyo, sebuah yayasan non-profit yang didirikan oleh sang aktris. Yayasan Dian sendiri berdiri sejak tahun 2009. Yayasan ini memiliki visi untuk berkontribusi dalam bidang pendidikan, pemberdayaan perempuan, dan pelestarian budaya di Indonesia.

Program ini merupakan bentuk kerjasama antara Yayasan Dian Sastrowardoyo dengan Hoshizora Foundation dan Magnifique Indonesia. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada perempuan Indonesia yang kurang mampu secara ekonomi untuk mendapatkan pendidikan berkualitas di perguruan tinggi.

Rekomendasi