Pasangan Anies-Cak Imin Daftar ke KPU Hari Ini, Bakal Dikawal 20 Ribu Orang

ERA.id - Komisi Pemilihan Pemilu (KPU) RI mulai membuka pendaftaran untuk pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (capres) 2024 mulai 19-25 Oktober 2023.

Pasangan calon dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), dan pasangan calon Ganjar Pranowo-Mahfud MD bakal mendaftar di hari pertama, Kamis (19/10/2023).

Pasangan AMIN rencananya bakal mendaftar paling pertama sekitar pukul 08:00 WIB. Keduanya bakal berkumpul di kantor DPP PKS, kemudian ke DPP PKB, selanjutnya ke DPP Partai NasDem.

Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi mengklaim, pasangan AMIN akan dikawal oleh 20 ribu orang yang berasal dari kader partai dan relawan.

"Sudah semua terkonfirmasi, saya yakin dan percaya besok paling tidak 20 ribu sesuai izin. Kalau dia berlebih itu Rahmat Allah SWT," kata Aboe saat konferensi pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/10).

Para ketua umum akan mendampingi Anies dan Cak Imin menyerahkan dokumen ke KPU.

Setelah menyerahkan dokumen, Anies dan Cak Imin akan menyampaikan orasi politik di depan KPU RI.

Kemudian, berdasarkan rencana yang disiapkan, pasangan AMIN akan kembali ke kediaman dengan naik Transjakarta dari Halte Transjakarta Bundaran HI sampai Halte Kejaksaan Agung. Kemudian transit ke Stasiun MRT Fatmawati.